Pastikan Mudik Aman, Polisi Dan Dishub Cek Kondisi Bus

foto : petugas periksa kelayakan bus di terminal Wonorejo Lumajang

Lumajang,(DOC) – Petugas gabungan dari Polres Lumajang dan Dinas Perhubungan(Dishub) Kabupaten Lumajang, melakukan pengecekan kelayakan bus yang masuk di terminal Wonorejo, Rabu(13/6/2018) kemarin.

Pemeriksaan bus seputar kelengkapan perizinan dan surat dokumen kendaraan, hingga kondisi fisik kendaraan diantaranya ban, rem serta peralatan keselamatan penumpang.

Selain itu, pengemudi dan para awak bus juga diperiksa kesehatannya, termasuk menjalani test urine.

“Ada 53 orang pengemudi dan awak bus yang kami periksa kesehatannya. Kalau hasil tes urine sejauh ini masih negatif, dan kami juga berikan multivitamin dan obat obatan yang mereka butuhkan,” kata Paur Kesehatan, Hj.Tri Murti.

Menurut nya, para sopir yang memiliki tensi tinggi berbahaya saat mengemudikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang faktor penyebabnya adalah kesehatan pengemudi angkutan yang terganggu.

“Kalau tensinya tinggi, mereka bisa pusing sewaktu-waktu. Itu berbahaya kalau pas mengemudi, bisa menyebabkan kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dishub Kabupaten Lumajang, AH Trisunu, mengungkapkan, bahwa pengecekan tersebut dilaksanakan guna kenyamanan para calon penumpang yang hendak mudik lebaran.

“Kami lakukan pengecekan kelaiakan kendaraan ini guna mencegah kendaraan yang kurang perawatan serta untuk kenyamanan para penunmpang saat arus mudik mendatang,” ungkapnya.

Uji kelayakan tersebut, menurut Trisunu, fokus pada kondisi ban, kepakeman rem, lampu tanda belok dan berhenti, sampai pada mesin angkutan yang harus dalam keadaan prima.

“Semua kelengkapan kendaraan harus dalam kondisi fit,” pungkasnya.(mam/r7)