Pawai Budaya 2012, Gubernur Tekankan Tema Budaya Jatim

 Kesra

Surabaya (DOC) – Gubernur Jatim Soekarwo menginginkan penekanan tematik arak-arakan dalam penampilan gelar Pawai Budaya 2012. Seperti menampilkan profil kerajaan Majapahit, Singosari dan tema-tema lain yang sesuai dengan Jatim.

Demikian hasil rakor persiapan terakhir pelaksanaan pawai budaya 2012 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim dengan jajaran terkait.

“Pak Gubernur minta agar model pawainya ada tematisnya. Harus ada cucuk lampah (prosesi awal sebelum pawai) yang dilakukan oleh panitia,”Kata Kepala Disbudpar Jatim Jarianto saat memimpin rakor, Selasa (9/10).

Selain penekanan tema, rakor kali ini juga menekankan pentingnya disiplin peserta selama mengikuti pawai, agar tidak menimbulkan kemacetan di rute yang dilalui. “Intinya lebih pada konsolidasi kesiapan  semua panitia, terutama terkait  keamananan, kesiapan  pemandu masing-masing grup, susunan acara, serta teknik kehadiran tamu undangan,” ujarnya.

Kepala Bidang Budaya Seni dan Film (BSF) Disbudpar Jatim, Drs Agus Supeno menambahkan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Jawa Timur tahun 2012, kembali  dimeriahkan dengan arak-arakan pawai budaya yang diikuti  Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Jika tahun sebelumnya hanya di ikuti 32 Kabupaten/kota, tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 36 minus Kabupaten Sumenep dan Madiun.

“Pawai budaya ini telah memasuki tahun Ketiga, setelah pada peringatan HUT tahun lalu, juga  dilaksanakan kegiatan serupa. Tahun ini pesertanya lebih meningkat menjadi 36 Daerah,”katanya.

Dalam kegiatan pawai budaya nanti, Kata Supeno, pihak panitia juga mengundang seluruh Bupati dan Walikota se-Jatim  serta beberapa  duta besar (Dubes) dari negara sahabat. “Pelaksanaan tahun  lalu dari 30 dubes yang diundang, ada 9 perwakilan dubes yang bisa hadir,’tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, teknis pelaksanaan pawai budaya tahun ini, hampir sama  dengan tahun 2011,  yaitu start akan dimulai di Tugu pahlawan dan finish di Gedung Grahadi Surabaya. dengan rute yang dilalui, meliputi Pahlawan-Kramat Gantung-Gemblongan, Tunjungan kemudian Finish di Grahadi.
Rakor ini mengundang seluruh dinas dilingkungan Pemprov Jatim, hadir dalam Rakor tersebut, perwakilan Dinas Kominfo, Dishub DLLAJ, Satpol PP, Biro Umum, Humas dan Protokol, Polda, Polrestabes, serta dinas terkait. (R-12/R9)