PDAM Anggarakan 20 Milliar Untuk Pasang AMR

Tidak ada komentar 74 views

Surabaya,(DOC) – Guna menekan angka kebocoran air ke pelanggan, PDAM Surya Sembada Surabaya akan memasang auto meter reading (AMR) di beberapa pelanggan strategis. Untuk itu perusahaan milik Pemkot Surabaya menganggarkan Rp 20 miliar.

“Anggaran itu untuk membeli AMR sebanyak 300 unit. Itu untuk percobaan bagi meter yang besar di atas 2 inchi,” jelas Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Mujiaman Sukirno, via selulernya, Rabu(13/6/2018).

Sekarang ini pihaknya hanya memasang beberapa AMR di beberapa pelanggan strategis.  Alat AMR sendiri diambilkan dari stok yang semula diperuntukan bagi distrik meter. “Jadi ini kami pasang di kostumer strategis. Seperti di kawasan Teluk Lamong, kita pasang AMR yang dulunya macet sekarang lancar,” katanya.

Pemasangan AMR ini akan  ditekankan pada perusahan yang memiliki indikasi  mencuri air. Sebab, berdasarkan tes yang dilakukan, ada perusahaan yang semula satu bulan hanya mengkonsumsi 500 meter kubik, maka ketika dipasang AMR ternyata baru 15 hari sudah menghabiskan air 500 meter kubik lebih.

“Ada beberapa perusahaan yang terindikasi mencuri air. Jadi nantinya akan dipasang AMR. Mekanisme pencatannya akan terkoneksi dengan internet,” tegasnya.

Untuk diketahui, kebocoran air produksi PDAM pertahun mencapai  Rp 300 miliar atau 33 persen. Sebagian besar disebabkan oleh meter pencatat rekening air yang terpasang di persil pelanggan, rusak.

Sementara itu selama libur Hari Raya ldul Fitri, PDAM menyiagakan 109 satuan petugas (satgas) respon cepat yang akan menangani permasalahan pelanggan terkait pelayanan seperti  air tidak keluar, pipa bocor dan sebagainya.

Untuk produksi air selama Lebaran akan tetap beroperasi normal, karena ada petugas operator instalasi pengolahan air minum (IPAM) Karangpilang dan IPAM Ngagel siaga 24 jam.

“Libur Lebaran kali ini lebih panjang sehingga penggunaan air di tingkat konsumen menurun hingga 10 persen. Meski begitu, produksi air tetap seperti semula,” cetusnya.

Sedangkan Manajer Humas dan Sekretariatan PDAM Surya Sembada, Agus Subagyo,  menjelaskan ada beberapa perubahan jadwal pelayanan saat libur Lebaran. Pelayanan yang bersifat administratif di Kantor PDAM seperti customer service dan loket pembayaran rekening PDAM tetap buka pada  9-11 Juni pukul 08.30 sampai 12.00. Setelah itu tutup.

“Mulai  12 hingga 20 Juni, akan kembali dibuka normal. Untuk pembayaran rekening PDAM selama libur Lebaran  bisa dilakukan  di loket payment point online bank (PPOB),” tegasnya.(r7)

 

Tag: