PDI Perjuangan Takut Pilkada Langsung

Tidak ada komentar 189 views

Jakarta, (DOC) – Penolakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terhadap pemilihan Kepala Daerah oleh DPRD dinilai sebagai bentuk kekhawatiran. Pasalnya, partai-partai yang tergabung dalam koalisi merah putih diprediksi akan menjadi pemenang agar kepala daerah dipilih langsung oleh DPRD.
“Yang paling utama kekhawatiran PDIP, karena yang menang pasti koalisi merah putih,” ucap Pengamat politik Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad dalam diskusi ‘Pilkada buat Siapa’ di Jakarta Pusat, Sabtu (13/9/2014).
Ketakutan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu ditenggarai dalam menghadapi koalisi merah putih dalam perebutan kekuasaan di daerah. Dikatakan Herdi, koalisi PDIP hanya berkuasa di tiga DPRD. Sementara Koalisi Merah Putih hampir menguasai seluruh parlemen di tingkat kabupaten dan Provinsi seluruh Indonesia. Sebab itu, PDIP diniai takut dikalahkan.
Pun demikian, Herdi tak memungkiri bahwa belum ada jaminan bahwa Koalisi Merah Putih pun pasti menang di pilkada di DPRD. Pasalnya, ada proses lobi dan diskusi politik dalam proses pilkada melalui DPRD. “Jadi kalau ada pemilihan gubernur, mereka kalah langsung,” katanya. (co/r4)