PDIP Belum Putuskan Usung Khofifah

 Featured, Politik

Surabaya,(DOC) – DPP PDIP hingga kini belum memutuskan nama bacagub yang bakal diusung pada Pilgub Jatim 2013. Karena itu, kabar jika PDIP memutuskan bakal mengusung Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa untuk bersaing dengan calon incumbent Soekarwo, tidak benar.
Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Maruarar Sirait mengatakan, untuk menetapkan bacagub, ada proses yang harus dilalui oleh seorang calon. “ Jadi, sampai sekarang PDIP belum memutuskan Khofifah,”ujarnya kepada wartawan di acara Seminar Kebangsaan di Empire Palace, Jum’at (9/11).
Dikatakan Maruarar, untuk mengusung calon, PDIP punya beberapa pertimbangan. Pertama, akan dilihat dulu kredibilitas calon. Kedua, apakah ia punya dukungan basis massa yang kuat di kalangan akar rumput. “Ini bisa dilihat dari survei yang kita lakukan nanti,”ungkapnya.
Dan ketiga, lanjut dia, harus melihat harapan dari PDIP Jatim. Ini karena PDIP di Jatim sangat kuat dan solid. “Jadi, kita  juga harus mendengar aspirasi dari kader-kader PDIP di Jatim. Mereka maunya seperti apa.”terangnya.
Pertimbangan yang keempat adalah Pilkada harus ada manfaatnya  bagi masyarakat Jatim. “Apa gunanya. Tentu ada harapan bagi petani, nelayan dan masyarakat kecil lainnya. Waktu, energi dan uang habis, tapi tidak ada gunanya bagi rakyat, itu sangat tidak layak,” tuturnya.
Maruarar yakin Ketua DPD PDIP Jatim, Sirmadji mampu mengkoordinasikan kedua potensi, yaitu legislatif dan eksekutif untuk memenangkan Pigub Jatim 2013. “Tahun 2013 sudah saatnya PDIP punya Gubernur di Jatim,”imbuhnya.
Diakui, pasca kemenangan Pilkada DKI Jakarta, PDIP memang mengincar kemenangan Pilkada 2013 di beberapa provinsi. Selain Jatim, yaitu Jateng, Sumut, Bali dan Lampung.“Kenapa kita mengincar daerah-daerah itu, karena ini adalah provinsi strategis. Provinsi yang jumlah penduduknya sangat besar, dan massa PDIP cukup banyak,” tandasnya. (r-12/R9)