PDIP Siap Tampung Gus Ipul

Tidak ada komentar 514 views

Surabaya(DOC)-Kebimbangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk menjadi cawagub dari Pakde Karwo karena tak punya parpol pengusung, rupanya ditangkap oleh radar DPD PDIP Jatim. Karena itu, parpol pimpinan Sirmadji itu memberian peluang kepada Gus Ipul untuk merapat dan mendaftar bakal calon gubernur (bacagub) ke parpol itu pada 10 Nopember 2012 mendatang.
Tawaran pendaftaran ini juga diberikan pada Soekarwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jatim), Khofifah Indar Parawangsa (Ketua PP Muslimat), Sirmadji (Ketua DPD PDIP Jatim), Martono (Ketua DPD Partai Golkar Jatim)maupun kader PDIP dan non kader PDIP.
“Kami memberikan kesempatan pada siapapun untuk mendaftarkan diri ke PDIP untuk kepentingan bacagub/bacawagub Jatim. Pendaftaran ini diberikan kesempatan dua tahap,” ujar Ketua badan bidang pemenangan pemilu (Bappilu) DPD PDIP Jatim Suhandoyo, Senin (29/10).
Ia menegaskan siapapun yang mendaftar, termasuk adanya kabar digandengkannya Gus Ipul dan Sirmadji, sudah seharusnya keduanya melalui mekanisme pendaftaran bacagub/bacawagub di PDIP.”Semuanya selama masih Warga Negara Indonesia, silahkan mendaftar. Nanti pendaftar akan dilakukan fit and proper test oleh DPD,” tandasnya.
Setelah melalui mekanisme fit and proper test, bakal calgub/bakal cawagub tersebut di-survey tingkat elektabilitas maupun popularitas mereka di Jatim. Survey ini, menjadi landasan penting, untuk disampaikan ke DPP. Meski demikian, tak jadi jaminan,jika survey tinggi, namun visi dan misi bacagub atau bacawagub tak memihak kepentingan rakyat, maka bisa dipastikan PDIP tak memberikan rekomendasi. Karena bertentangan dengan semangat dasa prasetya PDIP.
Sementara informasi yang berkembang, dua partai besar di Jatim, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah intens melakukan komunikasi politik dalam rangka membangun koalisi untuk mengusung pasangan calon maju dalam Pilgub Jatim mendatang melawan hegemoni Partai Demokrat.
Jika rencana tersebut terealisasi, maka koalisi itu patut diperhitungkan. Mengingat, saat ini PDIP Jatim memiliki kader yang menjadi kepala daerah di 18 kabupaten / kota di Jatim. Sedangkan PKB Jatim memiliki 14 kepala daerah.
“Hasil rekomendasi DPP PDIP nanti akan disampaikan dalam rakerdasus, terkait sikap politik PDIP mendukung pasangan cagub/cawagub sendiri setelah melalui mekanisme partai,” urainya.

Handoyo menegaskan, dirinya akan mengawal keputusan apapun PDIP terkait bacagub/bacawagub Jatim yang bakal bertarung dalam running pilgub Jatim 29 Agustus 2013 mendatang. “Kami akan berjuang mendukung kepentingan PDIP yang membela kepentingan rakyat,”tandasnya.
Karena mekanisme itu sudah diatur garis keputusan PDIP nomor 031A. Sebab ke depan gubernur tidak berpikir kemenangan partai politik, tetapi membuka kesejahteraan bagi seluruh rakyat Jatim. “Kalau mereka mengingkari janji rakyat itu. PDIP akan melakukan evalusasi secara tegas, dimana visi dan misi dicatat oleh rakyat. PDIP juga tak akan merekomendasi calon yang hanya berpolitik pencitraan,” tuturnya. (r-12).