Pedagang Pasar Turi Kecewa, Yusril Bela Henry Gunawan

Foto : Pedagang Pasar Turi

Surabaya,(DOC) – Sebelum menjadi pengacara Henry J Gunawan dalam pidana kasus Pasar Turi, ternyata Yusril Ihza Mahendra Nyaris menjadi penasehat hukum pedagang Pasar Turi.

Faktor rupiahlah yang membalik keadaan Yusril berpaling membela Henry J Gunawan. “Kami mundur karena gak kuat bayar fee nya. Saat itu kami diminta bayar 1,2 miliar dan setelah dinego, harganya diturunjmkan jadi 700 juta belum termasuk akomodasinya,”kata Ketua Himpunan Pedagang Pasar Turi, H Suchaimi usai menyaksikan persidangan kasus ini di PN Surabaya, Kamis (14/12/2017).

H Suchaimi menyesalkan sikap Yusril yang berbalik arah menentang pedagang dan malah membela Henry dalam kasus yang dilaporkannya.
“Semua data-data kasus Pasar Turi sudah kami berikan ke Yusril,”ujarnya.

Pernyataan Suchaimi ini juga diamini Muhammad Taufik, Pedagang Pasar Turi. Taufik mengaku dengan keterbatasan dan kemampuan pedagang pasar turi pasca kebakaran maka para pedagang tidak mampu membayar fee Yusril. “Sehingga kami lost kontak dengan Yusril dan akhirnya bertemu dengan Pak Wayan Titip dan Pak Bahir seorang pengacara yang dengan gratis mau mendampingi kami, rakyat kecil,”terang Taufik menyambung penyataan Suchaimi.

Sementara, H Abdul Rosyid yang juga korban dalam kasus ini meminta agar negara turun melakukan pengawasan dalam kasus ini. “11 tahun kami sudah menderita, negara harus turun untuk mengawasi persidangan perkara ini, jangan sampai ada mafia-mafia hukum yang bermain pada kasus ini,”kata Abdul Rosyid.

Terpisah, Yusril Ihza Mahendra membantah pernah ditemui pedagang Pasar Turi. “Jangankan minta fee, bertemu saja tidak pernah, bisa saja mereka ngaku-ngaku,”bantah Yusril saat dikonfirmasi di PN Surabaya usai mendampingi persidangan Henry J Gunawan.(pro/r7)