Pejuang Lingkungan Raih Bung Tomo Award 2013

Tidak ada komentar 294 views

Surabaya,(DOC) – Penganugerahan Bung tomo Award III telah dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/11/2013). Bung Tomo Award diberikan kepada pribadi yang memiliki jiwa kepahlawanan, kepedulian terhadap lingkungan sekitar, mampu memberikan semangat juang dan pengorbanan tinggi serta mampu memberikan inspirasi dan manfaat bagi masyartakat luas. Jika dua tahun sebelumnya, sejak tahun 2011, para tokoh masyarakat yang menjadi nominator diberikan kepada para pejuang sosial, pendidikan, budaya dan lingkungan hidup dari Surabaya.Di tahun ke tiga yang berlangsung semalam, para nominator datang dari 38 kabupaten kota. Dan kedepan menurut Anggota Dewan pengawas RRI, Tyas Anggoro pagelaran penghargaan kepada para tokoh yang berjuang tanpa pamrih itu diharapkan bisa diselenggarakan hingga tingkat nasional.
“Meski nantinya penyelenggaraan tetap dilaksanakan di Surabaya, RRI mendukung kegiatan ini digelar dalam skala yang luas hingga tingkat nasional” katanya.
Tyas mengungkapkan, RRI memiliki ikatan emosional sejarah dengan Bung tomo. Di era perjuangan, melalui RRI Bung tomo membakar semangat para pemuda untuk mengusir penjajah dari tanah air. Untuk itu, menguingat jasa-jasanya yang begitu besar bagi kemerdekaan RI, pada tahun 2008 Bersama elemen masyarakt lainnnya, RRI mendesak pemerintah pusat memberikan gelar pahlawan nasional kepada Bung Tomo.
“Bung Tomo mendapatkan gelar Pahlawan nasional, tidak lepas dari peran RRI dan segenap elemen masyarakt di Jawa timur untuk mendesak pemeritah pusat” terangnya
Sementara itu, Gubernur Jawa timur Soekarwo dalam sambutannya menilai nilai kejuangan Bung tomo dalam merebut kemerdekaan patut diteladani oleh generasi penerus bangsa.
“Yang patut diteladani dari Bung tomo adalah nilai kejuangan, berkerja keras untuk mencapai harapan, yaitu kemerdekaan” tutur Gubernur Jatim yang terpilih kedua kalinya ini
Pria yang akrab disapa Pak de Karwo ini mengharapkan, nilai perjuangan, kebangsaan dan kepahlawanan yang ditunjukkan para pejuang bisa menjadi inspirasi dan motivasi masyarakat dalam membangun bangsa dan Negara ke depan. Penganugerahan Bung tomo Award di Grahadi dihadiri istri Bung tomo, Hj Sulistina Soetomo, putra Bung tomo Bambang Sulistomo dan anggota dewan pengawas RRI, dan kepsta RRI Surabaya, LVRI Surabaya, jajaran muspida jatim serta sejumlah elemen masyarakat. Dalam event itu, selain memberikan penghargaan empat tokoh yang berhak menerima penghargaan bung tomo award yakni Mansur hidayat untuk Kategori seni Budaya yang menemukan situs sejarah situs biting atau Benteng di Lumajang, Kategori Sosial diberikan kepada KH Rafiudin, Pria asal Sumenep yang sehari-hari berdagang mente namun dianggap berhasil membantu pengelolaan air minum, Mohammad Rothmianto, pegawai perpustakaan SDN di magetan, yang berhasil menciptakan software yang bisa membantu pustakawan menentukan nomor klasifikasi lebih mudah dan terakhir Untuk kategori lingkungan diraih Achmad Guntur, pemilik toko yang berhasil memperjuangkan warga petani terbebas dari limbah cair pabrik disekitar sawah. juga memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba pidato bung Tomo.(k4/r7)