Jokowi Dilantik Bursa Saham Kembali Bergairah

Tidak ada komentar 128 views

Jakarta,(DOC) – Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) belakangan ini mengalami penurunan, penyebabnya tak lain adalah memanasnya gejolak politik di dalam negeri. Belum lagi pengaruh kondisi perekonomian global yang tidak kunjung membaik.
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Nurhaida mengakui laju IHSG memang tengah berfluktuasi, terlebih dengan kondisi politik yang saat ini sedang bergejolak. “Dikaitkan indeks mungkin sesaat berfluktuasi tapi pada dasarnya indeksnya berfluktuasi agak tinggi. Tapi pada dasarnya kalau dari market, semuanya tujuan memajukan perekonomian,” ujarnya, Sabtu(18/10/014).
Pergerakan IHSG bukan semata-mata karena pengaruh panasnya tensi politik jelang pelantikan. “Ekonomi kita lebih baik dengan kepastian yang didapatkan setelah pemilihan presiden, relatif saat nanti pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2014, IHSG bakal relatif aman,” jelasnya.
Nurhaida menyampaikan saat ini pelaku pasar atau investor memang tengah menunggu pelantikan presiden mendatang. Dirinya mengatakan jika pergerakan indeks mengalami penurunan atau kenaikan merupakan hal wajar.
“Siapapun di parlemen, siapa yang pimpinan tentu akan membuat pelaku pasar masyarakat investor sesuatu yang melihat positif, indeks itu selalu berfluktuasi, turun itu biasa tapi secara tren pasar modal itu jangka panjang,” ungkapnya.
Ia menegaskan, bukan saja pengaruh politik tapi karena profit taking pelaku pasar. “Indeks terus naik lima hari, kemudian saat merealisasikan keuntungan investor menjadi turun indeksnya,” katanya.(mc/r7)