Pelantikan Pimpinan Dewan Definitive Hari Rabu

Tidak ada komentar 241 views

Surabaya,(DOC) – Mengacu pada Surat Keputusan(SK) Gubernur no 171.436/583/011/2014, pimpinan sementara DPRD Surabaya akan segera mengesahkan susunan Ketua dan Wakil Ketua difinitif, Rabu(17/9/2014) lusa besok.

Ketua Sementara DPRD Surabaya, Armuji membenarkan, jika SK Gubernur tentang penetapan pimpinan Dewan sudah diterima oleh Sekertaris DPRD Surabaya, Senin(15/9/2014) hari ini.

“SK-nya ditanda-tangani tanggal 12 September, tapi dewan baru menerima hari ini, Senin(15/9/2014). Sehingga pengambilan sumpah pimpinan akan dilaksanakan lusa besok,”jelas anggota dewan empat periode ini.

Armudji menambahkan, setelah pelantikan unsur pimpinan, maka pembentukan Pansus Tata tertib(Tatib) Dewan akan segera disahkan.

Ia menargetkan, minggu ini sidang paripurna pembentukan Pansus Tatib akan digelar.

“Jadi sumpah jabatan pimpinan hari Rabu oleh PN Surabaya, langsung dilanjutkan dengan pengesahan fraksi-fraksi. Setelah itu baru rapat pembentukan Pansus Tatib. Diperkirakan hari Jum’at kita sudah mengesahkan Pansus Tatib,”ucap calon ketua DPRD Surabaya ini.

Sementara mengenai isi Tatib, menurut Armuji akan tetap sama dengan Tatib dewan periode lalu. Jika ada perubahan tidaklah signifikan. Hal ini mengacu pada saran dari Pemprov Jatim dam surat edaran Kemendagri.

Hal yang sama juga disampaikan oleh calon Wakil Ketua DPRD difinitif asal F PKB, Masduki Toha. Tatib dewan nanti, menurut Masduqi akan berubah pada penerapannya yang mengutamakan azas kebersamaan dalam mengambil keputusan lembaga.

“Tatibnya memang tidak berubah, tapi pelaksanaannya akan lebih terbuka. Kita telah menyepakati bahwa azas kolektif kolegial bakal dihormati. Jadi  keputusan bersama, bukan hanya pimpinan dewan saja,”tegasnya.(r7)