Pelindo III Antisipasi Lonjakan Penumpang di Akhir Tahun

Surabaya, (DOC)– Lonjakan arus penumpang kapal laut di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diantisipasi oleh Pelindo III.

“Pelindo III mendirikan Posko Komando Taktis atau Poskotis sebagai posko gabungan unsur petugas dan Port Facility and Security Office (PFSO) dari Pelindo III, Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, serta Kepolisian Resort. Petugas ekstra juga dikerahkan untuk menyambut turis cruise Genting Dream yang akan kembali sandar pada 26 Desember 2017,” kata CEO Pelindo III Ari Askhara, di Surabaya, Sabtu (23/12).

Dia menjelaskan, bahwa puncak arus penumpang diprediksi terjadi mulai 23 Desember (pra-Natal) dan 28 Desember (periode liburan Natal dan Tahun Baru) dengan jumlah penumpang baik debarkasi maupun embarkasi sekitar 2.800-3.300 orang. Sedangkan pada 2 Januari 2018 (pasca-Tahun Baru) dengan jumlah penumpang yang diperkirakan hampir mencapai 2 ribu orang.

“Arus penumpang Nataru tahun ini diperkirakan sekitar 12 ribu penumpang debarkasi dan 11 ribu penumpang embarkasi atau turun sekitar 7% dari tahun sebelumnya yang sebesar 13 ribu penumpang debarkasi dan 12 ribu penumpang embarkasi,” tambahnya.

Meskipun diprediksi menurun, Pelindo III tetap menyiagakan Poskotis sejak tanggal 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Selain Poskotis, Pelindo III juga bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan menyediakan posko kesehatan yang tersedia di dalam terminal dan di luar terminal terminal dengan eksterior unik berupa container office, lengkap dengan satu mobil ambulans yang selalu siaga.

Di tengah lonjakan penumpang domestik tersebut, pelabuhan kebanggaan Kota Pahlawan itu juga akan kembali disandari kapal pesiar mewah Genting Dream pada Selasa (26/12). Penjajakan antarpemerintah Indonesia dan Singapura, serta upaya Kementerian Pariwisata, berhasil meyakinkan operator cruise Dream Cruises untuk melayari rute baru dari Singapura lalu sandar di dua pelabuhan Pelindo III, yaitu Tanjung Perak di Surabaya, dan Celukan Bawang di Bali Utara.

Pelindo III bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya akan memberi sambutan spesial untuk kapal berkapasitas hingga 4 ribu turis dengan 2 ribu orang kru tersebut. Berbagai kesenian tradisional akan ditampilkan, mulai dari Reog Ponorogo, Tari Sparkling Surabaya, hingga live music di dalam gedung terminal.

“Warga Surabaya dan sekitarnya juga kami undang untuk turut menyaksikan sandarnya cruise superbesar dengan panjang hingga 335 meter lebih atau tiga kali lebih panjang dari bangunan Terminal GSN. Pelindo III memastikan Terminal GSN siap mengakomodir penumpang Nataru dan turis cruise, serta pengunjung destinasi wisata maritim, Surabaya North Quay,” imbuh Ari Askhara. (nps)