Pembacaan Putusan Sidang Sengketa Pilpres 2014, Panjang

Jakarta, (DOC) – Sempat molor, sidang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di Gedung Mahkamah Konstitusi akhirnya dimulai.
Ketua majelis hakim Hamdan Zoelva saat membuka sidang putusan di ruang sidang pleno Gedung MK, menyebutkan putusan yang disusun majelis hakim setebal 4.390 halaman “Putusan ini cukup tebal, 4390 halaman,” kata Hamdan.
Namun tidak semua lembar putusan akan dibacakan. Biasanya, sembilan majelis hakim MK hanya akan membaca secara penuh pertimbangan dan putusan. Pembacaan putusan itu secara bergantian oleh seluruh hakim. “Yang dibacakan ada 300 halaman,” tambah Hamdan.
Molornya sidang yang dijadwalkan pukul 2 siang itu terjadi karena alasan teknis. Hamdan menyampaikan hal tersebut sesaat setelah membuka jalannya persidangan. Gugatan PHPU diajukan oleh Prabowo-Hatta yang mempermasalahkan penetapan KPU pada hasil Pilpres 201. Adapun KPU telah menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019 karena mendapat suara lebih banyak dari Prabowo-Hatta. (co/r4)