Pembukaan Piala Panglima TNI Tahun 2014

Tidak ada komentar 181 views

Jakarta, (DOC) – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Ade Supandi mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko membuka secara resmi pertandingan olahraga Piala Panglima TNI (Panglima Cup tahun 2014), di Lapangan Olahraga Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (16/9/2014). Perebutan Piala Panglima TNI ini mempertandingkan 3 cabang olahraga yaitu Sepak Bola, Bola Voli dan Tennis.

Dalam sambutan tertulis Panglima TNI yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, mencermati perkembangan lingkungan saat ini, peran olahraga kian penting dan strategis dalam konteks pengembangan kualitas sumber daya manusia yang sehat, mandiri, bertanggungjawab, dan memiliki sifat kompetitif yang tinggi. Selain itu juga penting dalam pengembangan identitas, militansi, jiwa juang, nasionalisme, kemandirian, sportivitas dan prestise bangsa.

“Olahraga apabila dikelola secara profesional, akan mampu mengangkat martabat bangsa dalam percaturan internasional”, ujar Panglima TNI. Sejarah telah mencatat bahwa olahraga dapat menjadi media politik dan diplomasi internasional, bahkan menjadi ikon bisnis dan industri yang prospektif. “Olahraga secara potensial dan aktual dapat menjadi rujukan yang efektif bagi pembentukan watak kepribadian dan karakter masyarakat”, kata Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, dalam konteks hubungan internasional saat ini, harkat dan martabat Indonesia bisa ditegakkan dari tiga hal. Pertama, persenjataan dan pertahanan militer yang kuat. Kedua, ekonomi dan Ketiga, olahraga. “Salah satu yang bisa menjaga eksistensi, harkat dan martabat bangsa adalah olahraga. Dengan olahraga, negara bisa dihormati”, ungkap Panglima TNI.

Dengan demikian, tidaklah diragukan bahwa olahraga merupakan media pendidikan dan pembinaan. Olahraga merupakan wahana yang sangat ampuh bagi persemaian karakter dan kepribadian anak bangsa apabila dikembangkan secara sistematis. Olahraga mengandung dimensi nilai perilaku positif yang multidimensional dan dimensi nilai politis serta diplomasi.

Dalam kaitan pembinaan, pengembangan dan sumbangsih TNI untuk membantu peningkatan prestasi olahraga nasional. TNI menggelar event pertandingan olahraga Piala Panglima TNI 2014. Untuk itu, harus dijadikan titik tindak, guna membudayakan olahraga sebagai alat pembinaan satuan, sumber rekreasi, dan sumber prestasi ; memajukan olahraga prestasi TNI dalam konteks olahraga militer internasional, serta menjadi sumber kontribusi TNI dalam membantu memajukan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional. (puspen/r4)