Pembunuh Mahasiswi UWK Banyak Tersangkut Kasus Penggelapan Mobil Sewa

 Hukum

Surabaya, (DOC) – Selain terbilang sadis hingga menyebabkan hilangnya nyawa Ellen Carolina (24) Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Wijata Kusuma, Limanto Hartono (29) juga terkenal licik. Pria pengangguran ini juga terlibat sejumlah penggelapan mobil selain Mercedes Benz yang ditangani Polsek Lakarsantri.

Warga Pacar kembang No 49 Surabaya itu tercatat sebagai buron dalam sejumlah kasus penggelapan mobil yang pernah diterima Polsek di bawah jajaran Polrestabes Surabaya. Selain Mercedes-Benz S280 L AT tahun 2004 hitam metalik nopol L 913 AC. Tersangka juga melakukan penggelapan atas mobil rental yang pernah disewanya.

Dalam catatan yang diungkap Kanit Resmob Polrestabes Surabaya AKP Agung Pribadi, Limanto juga pernah menggelapkan Mobil Innova yang disewanya melalui rent car resmi. Saat menyewa pada 8 Agustus lalu, tersangka tak pernah mengembalikan dan ternyata justru menggadaikan mobil tersebut ke salah seorang kenalannya di Sidotopo.

“Alasannya karena urusan kebutuhan untuk perjalanan keluar kota,” ungkapnya di Mapolrestabes.

Bahkan, belum juga mengembalikan Innova pinjamannya, tersangka kembali menyewa mobil Avanza yang kemudian digunakan untuk menjemput Ellen, sebelumnya nyawanya dihabisi tersangka. Bahkan, menurut Agung mobil itu telah disewa sejak 23 September lalu.

“Untuk menyewa yang digunakan membunuh, alasannya karena ada urusan keluarga,” ujar Agung.

Meski kerap terlambat mengembalikan mobil sewaan, Limanto ternyata merupakan orang yang dipercaya oleh pihak rental. Dengan demikian, pihak rental tak menaruh curiga bila mobil-mobil yang disewakan untuk tersangka ternyata digunakan untuk kejahatan.

“Karena bayarnya tidak pernah terlambat. Padahal, pinjamnya tidak pernah satu mobil saja,” tegasnya.

Seperti diketahui, Limanto Hartono adalah salah satu pelaku utama dalam pembunuhan berencana Ellen Carolina (24), seorang gadis yang bekerja sebagai sales di satu dealer mobil di Kota Surabaya yang mayatnya ditemukan di kawasan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (30/11/12).

Saat melakukan pembunuhan, Limanto Hartono alias I We alias Erik alias Roni (24) warga Pacar Kembang No 49 dibantu rekannya Joko Slamet alias Tonggos (17), yang juga warga Pacar Kembang Gang Lebar Surabaya.

Ditreskrimum Polda Jatim dan Polretabes Surabaya mengungkap motiv pembunuhan, tidak lain adalah menguras harta benda korban.

“Jadi motif dalam pembunuhan bukan karena dendam, melainkan tersangka hanya menginginkan uang yang dimiliki korban,” ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Mariyanto, Minggu (02/12/12).

Sementara itu, seperti pemberitaan sebelumnya, Ellen Carolina yang juga karyawan PT Asco Prima Mobilindo di temukan tewas dan tergeletak di jalan paving Dusun Slepi, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, dekat Padepokan Cahaya Putra (PCP), Jumat(30/11/12).

Saat ditemukan, korban berseragam Asco Daihatsu. Wajah dan perut mayat perempuan tersebut terlihat lebam serta kelihatan ada bekas cekikan pada leher.

“saat itu Posisinya miring dengan kaki terikat tali rafia,” jelas Abdul Hadi, saksi mata yang juga warga sekitar.(k-1/r-7)