Pemerintah Cari Lahan Untuk Rusunawa

Tidak ada komentar 67 views

Jakarta, (DOC) – Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa hingga saat ini pemerintah masih mencari daerah yang siap mengajukan diri untuk dibangunkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

“Total tahun ini kan ada 67 twin block (menara kembar) yang akan dibangun,” ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Budi Yuwono.

Dari 67 rusun yang akan dibangun tahun ini, Budi mengatakan bahwa ada sebagian yang memang sudah direncanakan tahun lalu, namun baru direalisasikan tahun ini.

“Nantinya, rusunawa tersebut akan dihibahkan kepada daerah untuk digunakan sebagai aset daerah,” ujarnya.

Untuk nilai investasinya, Budi mengungkapkan, anggaran yang harus dikeluarkan kementerian berkisar Rp10-20 miliar pertwin block-nya. “Investasinya sekitar itu, tergantung pada nilai tanah dan konstruksi di setiap rusunnya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri PU, Djoko Kirmanto, mengatakan bahwa sekarang ini hunian vertikal yang paling tepat untuk diterapkan. “Terutama di daerah perkotaan seperti Jakarta, di mana tanah sulit dan mahal,” katanya.

Djoko menuturkan, Kementerian PU sejauh ini telah membangun lebih dari 240 twin blockrusunawa di seluruh Indonesia dan hampir semuanya diberikan dalam bentuk hibah kepada pemerintah daerah.

Pembangunan rusunawa ini, menurut dia, terutama dimaksudkan agar daerah bisa mengatasi permasalahan pemukiman dan kawasan kumuh.

Kementerian PU juga membangun rusunawa sebanyak dua twin block di Jalan RS Cacat Veteran No 88 Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang digunakan untuk para pegawai kementerian.

Rusunawa yang terdiri atas 10 lantai ini berisi sebanyak 234 kamar dan menghabiskan dana sebesar Rp40 miliar. “Selama ini, membangun semua untuk orang lain. Alhamdulillah, sekarang bisa membangun untuk kementerian sendiri,” kata Djoko. (vnc/r4)