D-ONENEWS.COM

Pemkot Bangun Rumah Sakit Baru di Wiyung

Surabaya,(DOC) – Untuk memenuhi pelayanan kesehatan di beberapa kawasan, Pemkot Surabaya kembali akan membangun rumah sakit . Kasi Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Badan Perencanaan dan Pambangunan Kota (Bappeko) Ken Wahyuni, Kamis(28/5/2015) kemarin, mengungkapkan, untuk merealisasikan rumah sakit baru di wilayah Balasklumprik – Wiyung, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam pematangan lahan.
“Kita sedang koordinasi dengan dinas terkait untuk pembangunannya,” tuturnya.
Rencananya, di kawasan Surabaya Selatan itu, pemerintah kota tidak hanya membangun rumah sakit, namun juga mendirikan Griya Wreda (Gedung untuk Lansia), SMK dan SMP, Kantor Arsip, serta taman kota. Pembangunan beberapa gedung tersebut dipusatkan dalam satu kawasan.
“Beberapa bangunan itu nanti berada dalam satu kawasan yang terintegrasi,” terang perempuan berjilbab.
Ken Wahyuni mengatakan, sebagian lahan yang akan dibangun gedung sudah diuruk. Bahkan, gedung arsip saat ini sudah dalam tahap pembangunan.
“Gedung arsip (pengurukan) sudah, yang lainnya belum, tapi tahun ini juga,” ujarnya.
Ia menegaskan, selain pematangan lahan, pihaknya juga melakukan Feasible Study dan Detail Engeniring Design (DED). Pembangunan rumah sakit di Balasklumprik menurutnya, membutuhkan lahan seluas 10 hektar. Untuk membangun beberapa bangunan tersebut, pemerintah kota harsu membebaskan lahan milik swasta.
“Sekitar 80 persen tanah di situ milik pemerintah kota, sedangkan 20 persen atau sekitar 3,2 hektar adalah punya swasta. Dan ini nanti yang akan kita bebaskan,” paparnya.
Ken Wahyuni mengaku belum mengetahui pasti, tipe rumah sakit yang akan dibangun di dekat Komplek TNI AD tersebut. Namun, ia memperkirakan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp. 100 M.
“ Mungkin rumah sakit tipe A atau B,” katanya.
Namun demikian, menurutnya pihaknya berupaya menggandeng swasta dalam pembangunan rumah sakit. Langkah itu untuk mengurangi beban anggran APBD.
“Kita upayakan untuk menggandeng swasta,” tandas Ken.
Ia mengakui, pembangunan RSUD di Surabaya ditempatkan di setiap kawasan kota. Di sebelah utara terdapat RSUD Dr Soewandi, Wilayah Barat RSUD Bhakti Dharma Husada, sedangkan di Timur pembangunannnya sedang dilakukan di Gunung Anyar dan untuk wilayah Selatan di kawasan Balasklumprik Wiyung. Pembangunan rumah sakit di beberapa kawasan itu, untuk memudahkan masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan.(k4/r7)

Loading...