Pemkot Surabaya Ajak Pelajar Ikrarkan Citra Baik

 Featured, Lainnya

Pembacaan ikrar Pelajar Surabaya.

Surabaya, (DOC) – Momen Sumpah Pemuda yang terjadi 84 tahun silam, diperingati dengan upacara bendera di Taman Surya, Senin (29/10). Tema peringatan kali ini adalah “Dengan Sumpah Pemuda Kita Mantapkan Kemandirian, Kreatifitas, dan Identitas Kebangsaan Menuju Komunitas ASEAN 2015”.

Bertindak selaku inspektur upacara, Wali Kota Tri Rismaharini yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, mengatakan, sesuai tema tahun ini pemuda hendaknya perlu memantapkan tekad guna mempertahankan kemandirian dan kreatifitas. Sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat.

Di hadapan ratusan pegawai, kelompok pemuda, dan pelajar, walikota menyebut, memasuki era Komunitas ASEAN pada 2015, pemuda dituntut lebih berdaya saing dengan mengedepankan aspek kreatifitas yang dimiliki. Namun, kreatifitas tersebut haruslah sejalan dengan identitas bangsa dan bisa diterima dalam komunitas internasional.

“Kita terbuka dalam globalisasi, tetapi prinsip kita adalah identitas kebangsaan Indonesia harus tetap berkembang dalam pergaulan antar bangsa,” ujar Risma, demikian wali kota kerap disapa.

Ia menambahkan, semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi dalam pembangunan serta menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Eksistensi tersebut dapat terwujud bilamana ada kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dan kreatif dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

Pada kesempatan itu, selain pembacaan naskah Sumpah Pemuda juga dilakukan ikrar pelajar Surabaya oleh 600 pelajar SD, SMP,SMA/SMK. Terkait pelajar, wali kota memang menaruh perhatian khusus. Salah satunya dengan rutin mengunjungi sekolah-sekolah di Surabaya. Tujuannya adalah agar para pelajar yang masih belia tersebut tidak terjerumus dalam berbagai permasalahan kenakalan remaja.

Saat ini, Pemkot tengah serius membina OSIS dan ketua kelas di setiap sekolah. Mereka diharapkan mampu memberi pengaruh positif bagi teman-temannya serta bisa menampung aspirasi terkait permasalahan remaja.“Selama ini, kami sudah memberikan fasilitas seminar bagi pelajar. Selain itu, juga kami bantu pembangunan sarana prasarana olahraga agar para pelajar dan pemuda punya wadah untuk berprestasi,” imbuh wali kota seusai acara. (r4)