Pemkot Surabaya Akan Rekrutmen 375 CPNS

Tidak ada komentar 146 views

Surabaya,(DOC) – Mereka yang ingin berkarir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) hendaknya mulai mempersiapkan diri. Pasalnya, Pemkot Surabaya memastikan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka pada 16-24 September 2013 mendatang.
Langkah pertama yang harus ditempuh yakni melakukan registrasi secara online dengan mengakses cpns2013.surabaya.go.id. Di laman ini, pendaftar diminta mengisi form biodata. Setelah proses registrasi online selesai, muncul print out nomor antrean untuk penyerahan dan verifikasi berkas lamaran. “Verifikasi berkas dilaksanakan di Gedung Wanita Kalibokor pada 17-28 September 2013,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya, Yayuk Eko Agustin, Jumat (13/9/2013). Jika seluruh berkas lengkap, pendaftar akan mendapat tanda terima dan nomor tes.
Yayuk menjelaskan, beberapa persyaratan umum yang wajib dilengkapi meliputi surat lamaran ditujukan kepada Wali Kota Surabaya, pas foto hitam-putih ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar, ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir, kartu pencari kerja (kartu kuning), serta surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas.
Lebih lanjut, mantan Kabag Perlengkapan ini mengatakan, sistem tes kali ini menggunakan CAT (computer assisted tes). Jadi, peserta tes mengerjakan soal langsung di komputer yang telah disediakan. Untuk menghindari praktik curang, ID login baru diberikan saat peserta di depan komputer.
Nantinya, peserta tes CPNS jalur umum dihadapkan pada 100 soal dengan jatah waktu 90 menit. Materi yang diujikan meliputi unsur pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. “Soal waktu dan tempat tes masih dicari yang paling ideal. Gambarannya, ruangan yang mampu menampung 250 unit komputer. Sedangkan perkiraan waktunya antara 17 Oktober-15 November 2013,” terang Yayuk.
Untuk diketahui, tahun ini Pemkot Surabaya mendapat jatah formasi 375 CPNS jalur umum. Dengan rincian, 200 tenaga pendidikan, 100 tenaga kesehatan, dan 75 tenaga teknis. Nah, dari sekian formasi, Yayuk menyebut kebutuhan guru SD adalah yang paling banyak dan mendesak. Yakni mencapai 179 orang. Disamping guru bimbingan dan konseling untuk SMP dan SMK. Terkait hal ini, pejabat berjilbab ini menjelaskan bahwa penambahan guru BK tersebut ada kaitannya dengan langkah antisipasi Pemkot Surabaya terhadap kenakalan remaja di lingkungan pelajar.
Tak lupa, Yayuk menghimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya oknum yang mengaku bisa meloloskan CPNS. Menurut dia, modus semacam itu biasanya marak saat ada seleksi penerimaan CPNS. “Pelaksanaan tes menjadi tanggung jawab Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bahkan, soal dibuat oleh konsorsium 10 perguruan tinggi negeri. Semua (tes) juga tidak lagi menggunakan kertas melainkan komputer. Jadi, segala kecurangan nanti bisa berurusan dengan pihak kepolisian,” tegasnya.(r7)