Pemkot Surabaya Dapat Mobil Tangki Air

Tidak ada komentar 221 views

Surabaya, (DOC) – Semakin banyak saja perusahaan besar yang percaya untuk menyalurkan program tanggung jawab social perusahaan (CSR) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pada Senin (17/6/2013), PT Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Wilayah Surabaya melalui program BNI Go Green, memberikan satu unit mobil tangki air kepada Pemkot Surabaya.
Penyerahan mobil tangki air diterima langsung oleh Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT dengan disaksikan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya dan pimpinan BNI Cabang Surabaya di Balai Kota Surabaya. Penyerahan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Walikota Risma dengan CEO BNI, Dasuki Amsir.
Walikota Risma dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas nama Pemkot Surabaya dan juga warga Surabaya terhadap kepedulian PT BNI yang telah memberikan CSR nya berupa mobil tangki air kepada Pemkot Surabaya. Menurut walikota, mobil tangki air ini akan sangat berguna. Apalagi, fungsi mobil tangki air di Surabaya selama ini tidak hanya sebatas untuk menyirami taman-taman.
“Mobil tangki ini bukan hanya berjasa pada tanaman, tetapi juga berperan kalau terjadi kebakaran. Mobil ini bisa dipakai sebagai supplier air. Jasanya luar biasa dan banyak gunanya. Karena itu, atas nama Pemkot Surabaya dan warga, saya mengucapkan terima kasih kepada BNI yang telah memberikan bantuan hibah ini,” tegas Walikota Risma.
Dijelaskan Walikota Risma, BNI menjadi satu dari sekian perusahaan yang telah memberikan program CSR nya kepada Pemkot Surabaya. Perihal banyaknya perusahaan yang memberikan program CSR nya ke Pemkot Surabaya ini, ternyata sempat membuat iri daerah kabupaten/kota lain. Beberapa daerah mempertanyakan, mengapa Surabaya dengan begitu mudahnya mendapatkan CSR dari perusahaan-perusahaan besar sementara mereka kesulitan.
“Beberapa daerah memang mempertanyakan, mengapa Surabaya mudah dapat CSR. Selama ini kami ndak pernah minta uang, kami butuh barang. Kami lebih senang kalau dikasih barang. Ini untuk menjaga kepercayaan dengan perusahaan,” sambung walikota.
Walikota menginstruksikan kepada kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) agar mobil tangki air CSR BNI ini nantinya dioperasikan untuk menyirami taman-taman di sekitar Jalan Ahmad Yani yang merupakan kawasan kantor BNI. Perihal tampilan mobil tangki air ini, di bagian belakang tangki mobil terlihat logo Pemkot Surabaya da logo BNI. Sementara di bagian samping tangki tertulis BNI Go Green.
“Cuman kita kasih logo perusahaannya saja. Jangan sampai ada tulisan produk nya. Kalau produk itu kan iklan, jadi ndak boleh dan kita ndak mau,” ujar Kepala DKP Pemkot Surabaya, Hidayat Syah yang mendampingi walikota.
Menurut Hidayat Syah, pemberian mobil tangki air dari BNI ini otomatis membuat stok mobil tangki air yang dimiliki dinasnya, semakin banyak. Untuk saat ini, Hidayat menyebut dinasnya sudah memiliki 15 mobil tangki. Jumlah itu disebutnya sudah banyak. Namun, dengan jangkauan kerja yang semakin luas hingga ke kampung- kampung serta digunakan untuk membantu Dinas PMK bila terjadi kebakaran, Hidayat menyebut semakin banyak mobil tangki, akan semakin bagus. Karenanya, dirinya membuka pintu bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang juga tertarik memberikan CSR kepada Pemkot.
“Saya berharap perusahaan-perusahaan lain juga mengikuti langkah BNI ini. Saya condong semakin banyak mobil tangki akan semakin bagus karena ada unsur dualisme fungsi, selain siram tanaman juga penanggulangan pemadaman kebakaran. Di mana ada kebakaran, misal di wilayah Selatan, yah mobil di Selatan yahg back up, kan pelayan masyarakat,” sambung Hidayat.
Sementara CEO BNI Kantor WIlayah Surabaya, Dasuki Amsir mengatakan, hiibah berupa mobil tangki air ini dimaksudkan untuk pemeliharaan taman kota di lingkungan kota Surabaya dalam meningkatkan kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) demi terwujudnya Kota Surabaya yang berwawasan Go Green. Menurutnya, BNI selama ini memiliki image sebagai bank yang peduli lingkungan hidup dengan semangat Go Green. Dia menyebut penyaluran CSR untuk wilayah Srabaya selama tahun 2012, telah merealisasikan sebesar Rp 5,2 miliar untuk program bina lingkungan. Dukungan BNI ini, jelas Dasuki, juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik antara BNI dengan Pemkot Surabaya.
“Pemberian pengadaan mobil tangki air ini kepada Pemkot Surabaya merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab BNI terhadpa lingkungan dan social sesuai misi BNI yang telah ditetapkan oleh manajemen,” tegas Dasuki. (r4)