Pemkot Surabaya Gelar Surabaya Great Expo 2013

Tidak ada komentar 113 views

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerja sama dengan PT Intramedia Promosindo, menggelar pameran Surabaya Great Expo 2013. Event tahunan ini akan digelar mulai Rabu (12/6/2013) hingga 16 Juni 2013 di Convention Hall Tunjungan Plaza 3 Lantai 6 Surabaya. Untuk tahun ini, pameran Surabaya Great Expo mengambil tema “Kemilau Karya Indonesia”.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Surabaya Agus Eko Supaidi mengatakan, pameran Surabaya Great Expo 2013 ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan dan pertumbuhan Kota Surabaya sebagai kota dagang dan jasa di kawasan Indonesia Timur. Menurutnya, pameran Surabaya Great Expo 2013 ini sebagai pengganti dari Pameraya Surabaya Fair yang sebelumnya diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya bekerja sama dengan PT Anthesu Indonesia sejak tahun 2004. Perubahan nama ini dimaksudkan untuk leih memberikan warna dan apresiasi yang berbeda dari pameran sebelumnya.
“Kita akan mengundang ibu walikota untuk membuka acara ini. Pameran ini juga menjadi serangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke -720 tahun. Kita gelar bulan Juni karena pada bulan Mei acaranya sangat padat,” ujar Agus Eko Supiadi kepada wartawan di kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (11/6/2013).
Dijelaskan Agus, pameran Surabaya Great Expo ini akan diikuti sekitar 100 peserta yang berasal dari Surabaya dan luar Surabaya serta luar pulau seperti dari Maluku Utara dan Banjarmasin. Mereka adalah pelaku industry besar, kecil dan menengah(UKM), koperasi, Badan Usaha Milik negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD)serta produk-produk khas Jawa Timur mencakup industry manufaktur, industry makanan dan minuman, industry barang kerajinan dan aksesoris, industry otomotif serta produk-produk UKM. Adapun stan yang disediakan mencapai 100 stan lebih dengan ukuran 3×3 meter yang berdiri di luas area pameran seluas 2.522.065 meter persegi. Pameran Surabaya Great Expo 2013 dimulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 WIB.
“Untuk target transaksi, tahun lalu kita menargetkan kurang lebih Rp 2 miliar, ternyata terbukukan Rp 4 miliar. Artiya dua kali lipat dari target. Untuk tahun ini, target kita sekitar Rp 6 miliar dan diharapkan terbukukan sekitar Rp 10 miliar,” jelas Agus Eko.
Selain pameran Surabaya Great Expo 2013, Agus Eko menyebut juga aka nada pelayanan simpatik pada hari terakhir pameran. Yakni pelayanan perizinan SIUP dan TDP dari Disperdagin Kota Surabaya. Serta perekamand ata KTP elektronik (e-KTP) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. “Kalau di hari biasa, pengurusan SIUP sesuai Perda selesainya kurang lebih tiga hari. Untuk pelayanan simpatik ini selesai satu hari,” ujarnya.
Direktur PT Intramedia Promosindo, Bayu Santoso menambahkan, dalam pameran ini juga digelar berbagai hiburan seperti live band, lomba mewarnai dan berbagai lomba lainnya. Juga ada bintang tamu artis ibu kota. Jika pada tahun lalu, artisnya adalah Kelanthing, grup musik jalanan yang menjadi juara ajang Indonesia Mencari Bakat1, untuk tahun 2013 ini panitia menghadirkan penyanyi solo jebolan Indonesian Idol asal Surabaya, Giselle. “Kita memang ndak maud ari luar Surabaya. Ini kan acaranya dari arek Surabayo untuk arek Suroboyo,” ujarnya. (r4)