Pemuda Masa Kini, Harus Memaknai Sumpah Pemuda

Tidak ada komentar 174 views

Surabaya,(DOC) – Moment peringatan hari Sumpah Pemuda, Senin(28/10/2013) dimanfaatkan DPD KNPI Jawa Timur untuk memperingatkan para pemuda terkait tantangan kedepan yang tidak lagi melewan penjajah.
Dalam era globalisasi, tugas kepemudaan semakin berat, yaitu harus bisa memehami arti sumpah pemuda yang telah dicetuskan oleh para seniornya pada 28 Oktober 1928 lalu.
Bukan sekedar diucapkan dalam slogan, tapi juga di maknai dengan prilaku dengan mengutamakan nilai pendidikan norma santun dan tegas dalam segala hal termasuk politik dan sosial budaya.

Ketua DPD KNPI Jawa Timur, Blegur Prijanggono, SH, menyatakan, dalam waktu dekat ini, negri ini akan menyambut moment politik nasional, yaitu Pemilihan Presiden RI.
Pesta demokrasi tersebut, diharapkan bisa dimaknai oleh para pemuda dengan menyalurkan hak politiknya dengan memilih pemimpin yang amanah bagi masyarakat. “Kiprah para pemuda dalam berpolitik, pasti bisa mewujudkan reformasi yang benar. Jika reformasi berjalan benar, maka kemandarian masyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara dalam menghadapi era globalisai sosial budaya, dapat tercipta.” Ujar Blegur, Senin(28/10/2013).
Anggota Komisi B DPRD Surabaya ini juga berharap kiprah para pemuda kedepan, bisa membawa semangat pemuda saat mengambil sumpahnya sebelum Indonesia merdeka, yaitu mewujudkan ikrar sumpah pemuda.
“Satu bahasa, Satu bangsa, Satu tanah air Indonesia, itu harus diwujudkan dalam era globalisai, sekaligus mengawal reformasi demokrasi saat pemilihan legeslatif dan Presiden. Artinya fungsi pemuda harus memantau bener jalannya reformasi politik sesuai keinginan rakyat untuk menuju kesejahteraan dan aman,” jelasnya.

Pemuda adalah cikal bakal majunya suatu negara, untuk itu ia berharap para pemuda masa kini , bisa memahami ilmu bersosialisasi dan menghargai kebudayaan bangsa, tanpa harus larut dengan kebudayaan asing.
“Jauhi pengaruh narkoba, dan tantangan pemuda masa kini yaitu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sebanyak mungkin,”cetus Caleg DPRD Jatim Dapil 1 ini.(r7)