Pemula Jangan Olahraga Berlebihan

Tidak ada komentar 196 views

Jakarta, (DOC) – Boleh-boleh saja berolahraga seperti atlet profesional. Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Jadi bagaimana olahraga yang baik dan benar?

Dalam pandangan Putu Wiradamungga, atlet Judo nasional, olahraga yang baik dan benar tentu bukan sekadar menggerakkan badan. Lebih dari itu, olahraga bisa membuat tubuh sehat dan bisa membuat hormon-hormon bekerja dengan baik.

“Jika kita rutin melakukan olahraga, maka dapat membuat tubuh fit dan tidak gampang lelah saat bekerja,” ujar Putu. Dia menegaskan pentingnya olahraga yang rutin.

Lalu kapan waktu yang baik untuk berolahraga? Putu menilai di sore hari merupakan waktu yang sangat baik untuk melakukan olahraga. “Pada saat sore hari tidak ada beban, karena saat itu kita telah usai bekerja,” jelasnya. Pikiran yang rileks, akan membuat olahraga terasa lebih ringan.

Putu juga mengingatkan agar melakukan pemanasan yang sesuai sebelum melakukan olahraga. Pemanasan harus disesuaikan agar tidak menimbulkan cedera atau justru membuat badan menjadi sakit. Misalnya lari-lari kecil dan peregangan.

“Biasanya kalau saya pemanasan dapat memakan waktu tiga puluh menit. Namun kalau untuk pemula atau yang jarang berolahraga, cukup dengan 10 menit,” jelasnya.

Ia juga menganjurkan agar sebelum berolahraga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dalam porsi banyak. Makanan seperti itu dapat menimbulkan mual dan malah membuat tidak nyaman saat berolahraga.

Bagaimana dengan olah raga bersepeda yang sedang menjadi tren? Putu mengakui bahwa itu juga baik bagi para pemula untuk membakar kalori. Untuk olahraga seperti itu, sebaiknya dilakukan seminggu empat kali. “Lebih baik dikombinasikan dengan gym (olah raga dalam ruang, umumnya berupa senam),” lanjutnya. (yh/r4)