Penahanan Anas Tunggu Waktu

Tidak ada komentar 180 views

Jakarta, (DOC) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengumbar janji soal penahanan Anas Urbaningrum, tersangka dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Bukit Hambalang. Lembaga superbody itu mengisyaratkan tak lama lagi menahan mantan Ketum Partai Demokrat tersebut.
Isyarat tersebut diungkapkan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja. Namun, Adnan belum dapat memastikan secara pasti kapan pihaknya menahan Anas. Yang jelas, setiap tersangka akan ditahan KPK. Adnan kembali menyebut jika penahanan itu hanya masalah waktu saja. Sebab, seorang tersangka tak bakal lama-lama bebas di luar.
“Mana ada tersangka yang nggak ditahan. Itu hanya soal waktu saja, bedanya seminggu-dua minggu (dari harapan publik yang menghendaki ditahan Desember ini, red). Apa bedanya,” kata Adnan Pandu di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/12/2013).
Saat ini, kata Adnan, pimpinan dan penyidik belum melakukan gelar perkara. “Biasanya (sebelum penahanan) ada gelar perkara dulu, baru setelah itu ditentukan,” tandasnya.
KPK sejauh ini sudah menetapkan lima tersangka terkait dugaan korupsi dan gratifikasi Hambalang. Mereka adalah Deddy Kusdinar, Andi Alifian Mallarangeng, Teuku Bagus Muhammad Noor, Anas Urbaningrum, dan Machfud Suroso.
Deddy sudah menjalani persidangan, sementara Andi dan Teuku Bagus sedang menjalani masa penahanan. Adapun Anas dan Machfud belum ditahan. (co/r4)