Pencarian 2 Objek Diduga Puing MH370 di Hentikan

Tidak ada komentar 174 views

Jakarta,(DOC) – Sekitar 14 hari lamanya, pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 belum juga membuahkan hasil. Australia menyatakan telah menghentikan upaya pencarian terhadap dua objek yang diduga sebagai bagian dari pesawat MH370 di Samudera Hindia.

Seperti yang dilansir CNN.com, Jumat (21/3/2014), pesawat militer, pesawat jet komersial dan dua kapal dagang milik negeri kanguru tersebut gagal menemukan jejak objek yang terlihat melalui satelit pada Minggu (17/3/2014) lalu di Samudera Hindia Selatan. Titik ini berada 1.400 mil dari pantai barat Australia.

Sebelumnya pada Kamis (20/3), pihak Australia mengumumkan bahwa mereka menemukan tanda-tanda yang terkait dengan pesawat MH370. Hal inisontak membangkitkan semangat keluarga dan berbagai pihak yang ikut dalam misi pencarian pesawat.

Hari ini, Perdana Menteri Ausitralia Tony Abbott membela keputusan yang telah diambil tersebut dengan mengatakan Australia memiliki tanggung jawab pada keluarga yang saat ini masih menunggu kepastian. “Kami hanya memberi informasi cepat pada mereka,” kata Abbott.

Ia mengingatkan bahwa objek yang ditemukan pihak Austalia pada Kamis bisa saja bukan berasal dari pesawat MH370. “Itu bisa saja seperti benda yang jatuh dari sebuah kapal. Kami juga belum tahu,” ujarnya saat berkunjung ke Papua New Guinea.

Di hari yang sama, Plt Menteri Transportasi Malaysia, Hishamuddin Hussain mengatakan harus mempertimbangkan ulang dugaan awal soal dua objek tersebut.
“Ini akan membutuhkan waktu lama,” terangnya.(dc/r7)