D-ONENEWS.COM

Pendaki Semeru Asal Surabaya Tewas Tertimpa Longsoran Batu

foto : Muhammad Ridwan saat dievakuasi

Lumajang,(DOC) – Seorang pendaki asal Surabaya bernama Muhammad Ridwan meninggal dunia setelah tertimpa batu saat perjalanan turun dari puncak Gunung Semeru.
Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Budi Mulyanto mengatakan, korban berhasil dievakuasi dari Pos Kalimati menuju Resort Ranupani, Rabu (13/9/2017) sekitar pukul 13.30. Tiba di Ranupani kemudian korban diperiksa oleh Bidan Desa Setempat dan dinyatakan meninggal dunia.
“Kejadian menimpa korban terjadi pada Selasa (12/9/2017) sekitar pukul 09.00 WIB saat turun dari puncak,”katanya. Kamis (14/9/2017).
Pada saat itu korban turun dari puncak karena tertimpa bonggkahan batu yang jatuh dari atas di kawasan sekitar Watu Gede yang merupakan jalur antara Pos Kalimati dengan puncak Gunung Semeru.
“Bongkahan batu tersebut mengenai kepala korban hingga tidak sadarkan diri, kemudian mengalami pendarahan di bagian telinga, mulut, hidung dan bagian luka, sehingga korban dibawa turun oleh rekan-rekannya hingga tiba di Pos Kalimati pada Selasa (12/9/2017) sekitar pukul 17.00 WIB,” tutur Budi.
Setelah tiba di Pos Kalimati, rekan korban melaporkan kejadian tersebut kepada petugas TNBTS yang berada di Pos Ranupani. Mendapati laporan tersebut, pada hari Rabu sekitar pukul 08.00 WIB tim penyelamat mulai penjemputan dan melakukan evakuasi.
“Korban berhasil dievakuasi turun dari Kalimati menuju ke Pos Ranupani selanjutnya di bawa ke Rumah Sakit Umum Haryoto Lumajang untuk di visum,”ujarnya.
Usai dilakukan visum di Rumah sakit Dr Hariyoto Lumajang pihak TNBTS menyerahkan jenazah pihak keluarga untuk dibawa pulang menuju rumah duka di Krembangan bhakti Gg.6 No.27A Rt.06 Rw.02 Kel. Kemayoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya.(mam/r7)
 

Loading...

baca juga