Penderita HIV/AIDS Di Jatim Tertinggi Ketiga Se-Indonesia

 Featured, Kesra

Jakarta (DOC) – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengungkapkan Provinsi Papua merupakan provinsi tertinggi kasus penderita HIV/AIDS.

Menurut Nafsiah, penderita HIV/AIDS di Papua mencapai 7.527 orang, dan kedua disusul DKI Jakarta dengan pengidap HIV/AIDS mencapai 6.299 orang, sedangkan provinsi ketiga adalah Jawa Timur dengan angka 5.257 orang.

Berdasarkan laporan kasus AIDS, kata Menkes, sampai dengan September 2012 dilaporkan bahwa jumlah kasus kumulatif kasus AIDS adalah 39 ribu jiwa. Sementara itu kasus baru Januari-September 2012 sebanyak 3.541 kasus.

“Proporsi kumulatif kasus AIDS tertinggu adalah pada kelompok umiur 22-29 tahun (42 persen), diikuti kelompok umur 3 -39 tahun (33 persen) dan kelompok umur 40-49 tahun (11 persen) dan 15-19 tahun (4 persen),” kata Menkes ketika temu wartawan di Kemenkes, dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia.

Dikatakan Menkes, perempuan juga memiliki kerentangan terhadap HIV lebih banyak dibandingkan gender yang berakibat ketidakmampuan perempuan untuk mengontrol perilaku seksual atau menyuntikkan narkoba dari suami atau pasangan tetapnya.

Kemenkes sendiri, jelas Nafsiah, dalam pengendalian AIDS mempunyai fungsi yang konfrehensif dalam melakukan kegiatan-kegiatan program dalam hal pencegahan, promosi, pengobatan dan perawatan. (K-4/kbr)