Pengesahan Wawali Terganjal di Pusat

Tidak ada komentar 168 views

Surabaya, (DOC) – Macetnya pengesahan pergantian Wakil Wali kota Surabaya dari bambang DH ke Wisnu Shakti Buana diakui Wakil ketua DPRD Surabaya tersebut sebagai suatu yang membingungkan.
Saat ini, kata Wishnu Shakti (WS), Kamis (5/12/2013), proses pengesahan pergantian ini masih macet di Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri. Padahal, lanjut WS, Sekretaris Jendral Kemendagri telah menginstruksikan agar proses tersebut bisa dipercepat.
“Kabar terakhir dari tim DPP dan Fraksi PDIP DPR RI yang mengawal proses ini menyebut pengesahan itu masih nyantol di Biro Hukum Kemendagri. Kami juga belum jelas mengapa demikian,” terang WS ditemui di ruangannya kemarin.
WS mengaku sangat menyeyangkan lambatnya proses pengesahan ini. Menurutnya jika pihak Kemendagri dalam hal ini Biro Hukumnya melihat ada kesalahan dalam proses pergantian, semestinya sudah ada petunjuk untuk perbaikan.
“Kalau salah mestinya ndak perlu menunggu lama untuk sampai ke kita mana yang prlu diperbaiki,” akunya.
Putra mantan Skjen PDIP, Almarhum Stjipto ini juga mengakui bila proses pengesahan tidak kunjung selesai bakal menyebabkan terhambatnya proses poelitik yang menyrtainya. Salah satunya proses PAW penggantinya di mana berdasarkan ketentuan Kemendagri tidak boleh dilaksanakan enam bulan sebelum pelantikan legislatif baru.
Mengenai kemungkinan-kemungkinan penghambat proses ini, WS mengaku sbanarnya hal-hal tersebut kecil kemungkinannya, karena proses pergantian telah sesuai dengan Undang-undang.
“Termasuk perihal kelompok 15 yang mengaku telah menghadap Kemendagri. Mereka tidak ikut rapat paripurna, ketentuannya tidak boleh menyampaikan hasil rapat kepada pihak internal. Jadi sepertinya tidak mungkin hal itu menjadi bahan pertimbangan, “ terangnya. (r4)