Pengurus PDAB Jatim Periode 2012-2015 Dilantik

Tidak ada komentar 418 views

Pakde Karwo: Prioritaskan Kepentingan Masyarakat!

Surabaya (DOC) – Gubernur Jatim. Soekarwo mengatakan, air merupakan kebutuhan primer bagi umat manusia. Karena itu, dalam mengelola air, wajib hukumnya bagi pengurus Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat daripada  kepentingan bisnis.

“Ingat, sesuai Pasal 33 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Jadi yang kita utamakan adalah berapa banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan air, bukan berapa keuntungan perusahaan,” ujar Soekarwo saat melantik pengurus PDAB Propinsi Jatim periode 2012-20153 di Ruang Rapat Kadiri lantai II Kantor Gubernur Jatim, Rabu (17/10)

Lebih jauh, Pakde Karwo –panggilan Soekarwo-menyinggung permasalahan Proyek AirBersih Umbulan, saat ini proyek tersebut mengalami kendala teknis mengenai tarif yang akan diberlakukan. Pemprop Jatim mematok harga jual Rp.2000/m3 ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sedangkan PT Sarana Multi Infrastruktur selaku BUMN pendamping dalam pelaksanaan tender mematok tarif lebih tinggi.

“Proyek Umbulan adalah proyek sosial, sejak awal kami tidak berorientasi pada
keuntungan. Jika tarif terlalu tinggi, tentu memberatkan masyarakat yang kurang mampu.” tegasnya.

Lebih lanjut Pakde berpesan, perusahaan daerah harus memiliki performance sebaik Perseroan Terbatas (PT) dengan Good Corporate Government (GCG) sebagai landasannya. GCG adalah mengelola perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders

“Perusahaan daerah harus berstandar GCG, serta terus berinovasi agar semakin
bermanfaat bagi masyarakat,” pesannya.

Sementara  berdasarkan Keputusan Gubernur Jatim Nomor: 188/496/KPTS/013/2012 tanggal 27 Agustus 2012, Anggota Direksi PDAB Jatim yang dilantik adalah Ir. Joko Triono sebagai Direktur Utama, Ir. Suparno sebagai Direktur Teknik, Kristanto Herustono sebagai Direktur Keuangan.

Sementara itu, sesuai Keputusan Gubernur Jatim Nomor: 188/519/KPTS/013/2012 tanggal 11 September 2012, Anggota Badan Pengawas PDAB Jatim yang dilantik adalah Ir. Gentur Prihartono SP, MT, Ir. Moch. Ardi Prasetiawan, M.Eng, Sc, ME, dan Ir. Dedy Dalyadi.(R-12)