D-ONENEWS.COM

Pengusaha Harus Ingat Middle Income Trap

Tangerang, (DOC) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa kembali mengigatkan kepada para pengusaha untuk tidak terlena terhadap Middle Income Trap, hal ini agar Indonesia menjadi naik kelas menjadi Negara maju.
“Jangan terlena dengan apa yang namanya middle income trap, anda harus berkontribusi untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara maju dan tidak terjebak di dalamnya,” ujar Hatta seperti dikutip laman resmi Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Selasa (18/2/2014).
Lebih lanjut ia mengatakan Indonesia harus tetap waspada pada ancaman middle income trap, situasi yang terjadi pada Negara berpenghasilan menegah yang ditandai dengan rasio investasi rendah, pertumbuhan infrastruktur lambat, diversifikasi industry terbatas dan pasar tenaga kerja buruk.
“Di Negara kecil mudah mengatasi middle income trap itu. Tetapi bagi Indonesia dengan penduduk lebih 241 juta jiwa dalam kapal membutuhkan kehati-hatian nakhoda dalam membawa semua penumpangnya,” tuturnya.
Saat ini, sambung dia, untuk terhindar dari middle income trap pemerintah menjalankan agenda Marsterplan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan Masterplan Percepatan dan Perlusan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) demi tercapainya kemandirian, pemerataan pembangunan, dan kesejahteraan rakyat.
“Saya tetap percaya pada MP3EI mencegar dari terjebak dari middle income trap dan mendorong Negara berpendapatan tinggi dan dipadukan dengan MP3KI. Inilah modalitas yang kita punyai,” ujarnya.
Ia juga mengrapkan peran para pengusaha dalam menjaga pertumbuhan agar Indonesia tidak hanya menjadi Negara yang berpenghasilan menegah. “Kalau diantara anda-anda sekalian ada yang sukses, saya minta bantualah mereka yang membutuhkan. Misalkan dalam hal modal, kesempatan kerja dan akses pasar. Peran seperti ini akan menjadikan bangsa kita tidak terjebak dikelas menegah,” pungkasnya. (we/r4)

Loading...