Pentingnya Memasangkan Helm untuk Anak Saat Berkendara

anak pakai helm

Jakarta, (DOC) – Anda mungkin sering melihat anak dibonceng motor. Lalu, apa yang Anda lihat, apakah anak tersebut menggunakan helm? Seringnya mungkin anak tidak dipasangkan helm saat dibonceng motor. Yang pakai helm mungkin hanya orangtuanya yang mengemudi atau bahkan tidak ada yang pakai helm. Jangan salah, memasangkan helm pada anak itu sangat penting sekali. Jika terjadi celaka, anak bisa mengalami masalah yang parah.

Berikut ini merupakan manfaat memasangkan helm untuk anak saat berkendara:

  • Melindungi kepala dan mengurangi risiko cedera pada otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan helm saat berkendara dapat mengurangi risiko cedera otak dan juga kematian akibat dari kecelakaan.
  • Mencegah cedera wajah. Selain risiko cedera pada kepala, cedera pada wajah juga bisa terjadi. Dan, menggunakan helm bisa melindungi wajah dari cedera karena kecelakaan.
  • Mengurangi risiko kematian. Sebuah data menunjukkan bahwa penggunaan helm yang benar dapat mengurangi risiko kematian hingga 30%.

Untuk itu, Anda sebagai orangtua sebaiknya mengajari anak memakai helm jika ingin berkendara sepeda motor. Pilih helm untuk anak sesuai ukuran kepalanya, bukan helm yang ada saja. Ini dapat melindungi kepala anak lebih baik karena pas dipakai anak. Pastikan juga kait pada dagu sudah terpasang dengan benar saat anak memakai helm.

Selain itu, penting juga untuk memilih helm yang sudah ber-SNI (Standar Nasional Indonesia). Helm yang baik umumnya menutupi bagian dahi dan kepala. Pada bagian dalam helm juga dilengkapi dengan busa tebal 3,8 cm, serta memiliki permukaan luar yang keras sehingga bisa melindungi kepala dengan baik.

Jadikan memakai helm merupakan kebiasaan anak saat berkendara, sehingga ia tidak berat melakukannya. Selain itu, Anda sebagai orangtua juga perlu memberikan contoh yang baik pada anak. Anak akan melakukannya dengan baik saat orangtua juga menerapkan kebiasaan memakai helm di dirinya sendiri. (and)