D-ONENEWS.COM

Penumpang Hilang Kapal Wisata Zahro Express Belum Berhasil Diketemukan Dihari Ketiga

kapal_zahro_express_korbanJakarta,(DOC) – Hari ketiga pencarian korban hilang Kapal Wisata Zahro Express belum juga menemukan hasil signifikan, Selasa(3/1/2017).
Prediksi Badan SAR Nasional (Basarnas) bahwa para korban yang hilang akan naik kepermukaan air di hari ketiga pasca insiden tersebut, nampaknya tak terbukti.
Lebih kurang 20 orang penyelam Basarnas Special Group (BSG) yang diterjunkan untuk mencari korban di dasar laut. Di permukaan laut, BSG mencari korban dengan menggunakan sepuluh unit kapal, ditambah 2 unit rigid inflatable boat (RIB), 3 unit rubber boat dan 2 jetski.
“Kami melakukan pencarian di dua wilayah, yakni di permukaan dan dasar laut. Namun kesemuanya nihil,” ungkap Kepala Kantor SAR Jakarta, Hendra Sudirman, seperti dilansir oleh Kompas.com. Selasa (3/1/2017).
Ia menambahkan, luas wilayah pencarian yakni 240 mil laut persegi dan belum ada rencana diperluas lagi.
Didasar laut, tim penyelam BSG menggunakan alat bantu lampu senter, karena masih gelap dengan jarak pandang masih sekitar 1 sampai 2 meter. Sedang dipermukaan laut, gelombang ombak lebih kecil dan mendukung pencarian korban.
Rencananya pencarian akan terus dilakukan hingga hari ketujuh, pasca kejadian, Minggu(1/1/2017) lusa kemarin. Hal ini menyesuaikan prosedur standar operasi Basarnas.
“Jika nanti dalam evaluasi pencarian dirasa cukup, ya akan dihentikan, namun kami belum bisa memastikan. Besok seperti biasa pencarian akam dimulai pukul 6 pagi,” paparnya.
Informasi dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub), penumpang kapal wisata Zahro Express berjumlah 184 orang. Korban selamat berjumlah 130 orang. Sedangkan, korban meninggal dunia saat ini diketahui berjumlah 23 orang.
Namun, jumlah penumpang tersebut, belum dapat dipastikan mengingat ada kemungkinan jumlah penumpang melebihi jumlah yang terdapat dalam manifes.
Data penumpang ini, memang masih simpang siur, karena manifes penumpang yang tercatat oleh pengelola Kapal Zahro Express berjumlah 100. Sementara data yang diperoleh Basarnas, total penumpang sekarang bertambah menjadi 247 penumpang. Indikasi ini menunjukan dugaan penyebab kebakaran Zahro Express  salah satu faktornya adalah kelebihan muatan.(mi/r7)

Loading...

baca juga