D-ONENEWS.COM

Perangkat Desa di Training Mahasiswa Unej

Lumajang,(DOC) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Jember (Unej) menggelar pelatihan komputerisasi pada perangkat desa se-Kecamatan Tekung di Kantor Kecamatan Tekung, Tekung, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (18/8/2015) lalu.

Acara tersebut diikuti sebanyak 15 orang perwakilan dari 5 desa, Desa Mangunsari, Desa Tukum, Desa Karangbendo, Desa Wonosari, dan Desa Wonogriyo. Tiap desa masing-masing menyertakan 3 perwakilan, baik dari Kepala Dusun, Sekretaris Desa, maupun pegawai desa lainnya.

Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan dasar Microsrosoft Excel, dimana perinti lunak tersebut dipilih karena sebagai penunjang dalam menyelesaiakan pekerjaan di desa terutama untuk pengelolahan data.

Koordinator KKN Kecamatan Tekung, M. Rozi Muzakki menegaskan, pelatihan ini digelar demi meningkatan SDM bagi perangkat desa. “Tujuannya guna menunjang kinerja pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) setempat, Danramil, Camat, dan kades bersangkutan serta dosen pembimbing KKN lapangan.

Camat Tekung, Iwan Hadi Purnomo, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan bagus sekali untuk meningkatkan SDM para perangkat desa. “Jadi mahasiswa ini pengabdian di desa tidak hanya mengikuti program di desa,” katanya.

Iwan memberikan apresiasi terhadap inovasi baru dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Tekung. “Empat jempol buat kegiatan ini, saya sangat mendukung,” pungkasnya.

Salah satu peserta pelatihan dari Kecamatan Wonoasih, Kabupaten Probolinggo mengatakan, sangat senang ikut pelatihan ini. “Karena saya sama sekali tidak bias microsoft excel,” terangnya.

Sementara Kapolsek Tekung, AKP Sugianto, menambahkan kegiatan ini jangan dijadikan hanya sebagai pelatihan formalitas saja, namun harus diikuti dan diaplikasikan dengan serius. “Karena perangkat desa adalah ujung tombak pemerintahan di desa,” jelasnya.

Selain pelatihan ini, sebelumnya, mahasiswa KKN Unej di Kecamatan Tekung yang terdiri 5 kelompok dan tersebar di 5 desa juga melakukan kegiatan posotof lainnya di masing-masing desa.

Di Tukum ada pelatihan rumah percontohan Toga, di Karangbendo pelatihan pupuk cair limbah rumahtangga, di Mangunsari pelatihan pembibitan senggon, Wonosari pelatihan Jamur tiram, serta Wonogriyo pelatihan kripik pisang dan batik. (im/r7)

Loading...