Perekaman Data e-KTP Surabaya Belum Tuntas

Tidak ada komentar 214 views

Surabaya, (DOC) – Jumlah warga Kota Surabaya yang belum melakukan perekaman e-KTP, ternyata cukup banyak. Hingga sekarang warga yang belum melakukan perekaman e-KTP cukup mencapai 445.414 orang. Dari total wajib perekaman e-KTP sebanyak 2.153.084 orang.

“Mereka yang sudah sebanyak 1.707.670 orang,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil), Suharto Wardoyo, Senin (22/9/2014).
Menurut Suharto wardoyo, bagi warga yang belum melakukan perekann e-KTP sudah dicantumkan dalam website http://dispendukcapil.surabaya.go.id/. Dalam website tersebut memuat nama dan alamat siapa saja yang belum melakukan perekaman e-KTP.Harapannya, mereka yang namanya tercantum segera melakukan perekaman di lokasi yang ditunjuk.
“Untuk yang belum, penyebabnya macam-macam. Mulai dari kerja di luar kota hingga di luar negeri. Tapi ada juga warga yang malas,” terang Anang, sapannya.
Bagi mereka yang belum melakukan perekaman, pihaknya menyediakan beberapa lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan perekaman. Selain kantor kecamatan setempat, warga bisa melakukan perekaman di smart corner yang ada di PTC, ITC dan Royal Plaza.
Ia menambahkan karena penggunaan e-KTP efektif digunakan awal tahun 2015, pihaknya terus gencar melakukan perekaman. Ditargetkan wajib KTP di Surabaya, akhir tahun 2014 warga kota sudah melakukan perekaman semua.
Sebab pada tahun 2015 nanti, KTP yang biasa sudah tak berlaku lagi karena sudah berganti dengan e-KTP. Maka segala urusan administrasi, seperti mengurus surat di instansi pemerintah, atau membuka rekening di bank sudah harus memakai e-KTP.
“Pada tahun 2015 semua warga kota harus memiliki e-KTP. Bagi yang belum masih dipersilahkan mengurus di kecamatan. Sedangkan untuk smart corner sudah tidak melayani lagi perekaman e-KTP,” pungkas mantan Kabag Hukum Pemkot Surabaya ini. (k1/r4)