D-ONENEWS.COM

Perhatikan DPS Online, Masyarakat Diminta Teliti Namanya Tercantum

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah me-launching Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak 2015 yang dapat diakses secara online, Kamis (10/9/2015). Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Surabaya, Nurul Amalia mengatakan, dengan diluncurkannya DPS yang bisa diakses secara online tersebut, masyarakat Surabaya sebagai pemilih semakin dimudahkan untuk memastikan apakah namanya sudah terdaftar dalam Pilwali Surabaya 2015.

Dia menjelaskan, DPS Online tersebut bisa diakses melalui alamat laman resmi KPU yakni http://data.kpu.go.id/dps2015.php. Sedangkan bagi pengguna smartphone, informasi yang sama juga bisa diakses secara mudah melalui http://data.kpu.go.id/dpsmobile.php.

Khusus untuk Surabaya, KPU Surabaya memiliki alamat cek daftar pemilih online sendiri  yakni www.kpu-surabayakota.go.id. Sedangkan bagi pengguna smartphone, informasi yang sama juga bisa diakses secara mudah dengan men-download di playstore android dengan mengetik KPUKota Surabaya. ”Data di laman KPU dan KPU Surabaya sama,” ungkap Nurul.

“Selain itu, informasi yang sama juga sudah ditempelkan di kelurahan atau balai RW masing-masing. Intinya kepada masyarakat kami dorong untuk memastikan apakah namanya sudah terdaftar atau belum. Apabila belum terdaftar, silakan melapor ke PPS di masing-masing kelurahan,” kata Nurul Amalia, Jumat (11/9/2015).

Berdasarkan hasil rekapitulasi dan pemutakhiran hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang sebelumnya dilakukan, jumlah DPS di Surabaya saat ini adalah sebanyak 2.069.246 orang. Angka itu terdiri dari 1.011.076 pemilih laki-laki dan 1.057.540 pemilih perempuan.

Sesuai namanya, daftar pemilih ini masih belum bersifat final. Sebelum nantinya akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), besar kemungkinan angka yang sebelumnya ditetapkan sebagai DPS mengalami perubahan, baik berkurang maupun bertambah. Karena itulah, selama kurun waktu 10 September hingga 19 September 2015 KPU Surabaya membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terkait DPS yang sudah ada.

“Nanti akan ada perbaikan DPS pada 20 September sampai 25 September 2015. Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober sampai 2 Oktober mendatang akan dilakukan penetapan DPT,” lanjutnya.

Nurul juga mengingatkan masyarakat Surabaya untuk benar-benar menghargai dan mempergunakan hak suaranya. Bagaimanapun, satu suara pemilih akan sangat berperan penting untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin Kota Surabaya selama lima tahun mendatang.

“Hak pilih jangan sampai disia-siakan. Siapa pemimpin Surabaya mendatang akan sangat menentukan arah pembangunan kota ini,” pungkas Nurul.(Mck/r7)

Loading...