Periksa Virus Corona Sepulang Haji

Tidak ada komentar 168 views

Surabaya,(DOC) – Antisipasi mewabahnya virus corona di tanah air telah dilakukan oleh PPIH Surabaya. Humas PPIH Surabaya, Fatchul Arif mengatakan, seluruh jamaah haji yang tiba di bandara juanda diperiksa suhu badannnya di asrama haji sukolilo. Dua alat pendeteksi virus corona ditempatkan di asrama haji.

“Dua alat kita tempatkan di hal mina” ujarnya, Rabu (22/10/2013).

Alat tersebut menurut Fatchul Arif sebenarnya pernah digunakan dua tahun lalu. Setahun lalu tidak dipergunakan, karena tidak ada penyakit yang perlu diwaspadai. Kini, pendeteksi virus mematikan itu dioperasikan kembali setelah menjangkitnya virus corona di Arab Saudi.

“Tahun ini dioperasikan kembali karena ada virus Corona” terangnya.

Fatchul Arif mengungkapkan, sebelumnya salah satu jamaah haji kloter 3 sempat diindikasi mengidap penyakit berbahaya yang diakibatkan virus corona. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, ternyata jamaah tersebt hanya tak terbukti menderita penyakit tersebut.

“Setelah dinyatakan tdiak terdeteksi, kita pulangkan ke rumah” katanya.

Virus sejenis SARS itu kini telah menyebar di sejumlah Negara yang berada di kawasan jazirah arab atau timur tengah. Beberapa warga di Negara tersebut telah menjadi korban virus corona. Gejala penyakit corona adalah batuk dan panas. Humas PPIH Surabaya, Fatchul arif penyebaran virus corona melalui udara.

“penyebarannya lewat udara bebas” paparnya.

Untuk mengantisipasi agar jamaah haji asal Indonesia tidak terserang penyakit yang belum ada vaksin penangkalnya itu, pihak PPIH memberikan masker kepada para jamaah.

“Jamaah haji diberi masker gratis, yang bisa dicuci ulang” katanya.(k4/r7)