Peringati Hari Pahlawan, Dishub Gelar Uji Emisi Pahlawan Langit Biru

foto : uji emisi Pahlawan Langit Biru

Surabaya,(DOC) – Peringati hari Pahlawan 10 November, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Surabaya bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes kota Surabaya dan Polrest Tanjung Perak menggelar uji emisi kendaraan bermotor di sepanjang jalan frontage road Ahmad Yani, Rabu(15/11/2017).

Berbeda dengan biasanya, pelaksanaan uji emisi kali ini mengambil tema ‘Pahlawan Langit Biru’.

“Uji emisi bagi kami sebenarnya dilakukan secara rutin. Ada yang dilakukan melalui operasi simpatik dan tindak tilang. Untuk hari ini, kami lakukan operasi simpatik dan mengharapkan adanya Pahlawan Langit Biru sesuai program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya,” katanya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) kota Surabaya Irvan Wahyudrajat, saat dilokasi.

Pahlawan Langit Biru, menurut Irvan, merupakan istilah bagi para pemilik kendaraan yang merawat mobilnya hingga dinyatakan lulus emisi.

“Mobil kalau dirawat rutin secara berkala, maka gas buang yang dihasilkan tidak menyebabkan kerusakan lingkungan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, program ini sejalan dengan intruksi Wali kota Surabaya soal penanaman pohon guna menjaga lingkungan bersih dan sehat, demi generasi penerus bangsa.

“Seperti data yang ada, sebanyak 70 persen polusi berasal dari mobil dan angkutan bergerak. Sedang 30 persen lagi berasal dari rumah tangga,” urainya.

Uji emisi ini diikuti sekitar 111 kendaraan yang melakukan pemeriksaan. Dari jumlah tersebut, 22 kendaraan diantaranya yang berbahan bakar bensin dan solar dinyatakan tidak lulus emisi.

“Kendaraan yang lulus diberi souvenir dan stiker uji emisi. Kemudian yang bermasalah akan diberi diskon perawatan dibengkel atau ATPM yang bekerjasama dengan Dishub,” pungkasnya.(rob/r7)