Peringati Hari TB, Aisyiyah Launching Gerakan Peduli TBC Indonesia Sehat

Surabaya,(DOC) – Peringatan hari Tubercoluses (TB) sedunia 2018, TB Care ‘Aisyiyah Kota Surabaya menggelar ‘Gerakan 1-15’ dengan tema peduli TBC Sehat.

Acara tersebut merupakan sebuah gerakan penemuan kasus TBC secara aktif  dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, RS Muhammadiyah, UM Surabaya, Lazismu, Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Surabaya , RS Aisyiyah Surabaya, kader TB dan warga Surabaya.

Secara seremonial ‘Gerakan 1-15’ ditandai dengan pelepasan balon yang dilakukan di halaman kecamatan Tandes Surabaya, Kamis(15/3/2018) pagi.

Hadir juga peserta dari sepuluh kecamatan di Surabaya, di antaranya Tambak sari, Mulyorejo, Sukolilo, Semampir, Pabean Cantikan dan Tandes. Ditambah peserta dari Puskesmas Banyu Urip, Rangkah, Pegirian, Dupak, Pabean Cantikan, Tembok Dukuh, Klampis Ngasem, Kalijudan dan Puskesmas Pucang Sewu.

Dr. dr Enik Srihartati, SpK.K, Ketua Panitia peringatan TBC sedunia 2018 TB Care Aisyiyah, menyampaikan, seremonial ini juga diikuti dengan acara pelepasan kader ‘Gerakan Bersama 1-15’ atau Gerakan penemuan Kasus secara aktif dengan semangat TOSS ( temukan – obati sampai sembuh ) TBC.

“Kader bertugas mendeteksi penularan TBC dari satu penderita atau pasien ke 15 rumah yang ada di sekitar penderita TBC, termasuk pemeriksaan dahak seluruh anggota keluarga pasien yang tinggal satu rumah dengan penderita,” katanya.

Gerakan ini, nanti juga akan di gelar pembagian masker ke masyarakat yang dijadwalkan di sejumlah tempat.

“Rencananya digelar pagi (24/3/2018) di terminal Joyoboyo , stasiun Pasar Turi , pasar Kapasan , RS MUH, PSR. Pogot , pasar Jarak ,  pasar Tempurejo dan Jembatan Merah Plaza ( JMP ),” paparnya.

Sementara itu, Siti Maslamah, Koordinator Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah kota Surabaya yang juga panitia TBC day 2018 menyatakan bahwa agenda peringatan hari TBC sedunia ini akan di mulai tanggal 15 maret 2018  dan berakhir tanggal 25 maret 2018 dengan rangkaian acara gerakan penemuan kasus aktif .

“Acara juga akan digelar dengan senam massal di CFD Tunjangan,” imbuhnya.(r7)