Peringati Hari TB Sedunia, Ibu-Ibu ini Turun Ke Jalan

Surabaya, (DOC) – Memperingati Hari TB (Tuberkulosis) Sedunia bisa dilakukan dengan hal bermanfaat. Seperti Ibu-Ibu asal Surabaya ini memberikan edukasi sekaligus membagikan masker gratis pada masyarakat dan pengguna jalan di dekat terminal Jembatan Merah Plasa, Taman Jayengrono Surabaya, Sabtu (24/3) pagi. 

Kelompok yang menamakan diri sebagai community TB -HIV Care Aisyiyah Kota Surabaya ini bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan ibu-ibu lainnya turun ke jalan untuk memberikan edukasi pemahaman bahaya penularan kuman  TBC melalui udara yang dihirup.

Kepada pengguna jalan yang lewat, ibu-ibu membeber spanduk ajakan untuk mengenakan masker bila sedang batuk. Tak hanya biker, ibu-ibu ini tak segan menghentikan mikrolet atau angkutan kota untuk memasangkan masker gratis.

Mereka juga menerangkan tips menghindari penularan TB. Setelah itu tak lupa para ibu-ibu ini mengajak tos tangan. Dalam hal ini tos yang dimaksud ialah kampanye TOSS TBC artinya  (temukan-obati- sampai-sembuh) tuberkulosis.

dr. Enik Srihartati, SpK.K selaku Ketua Panitia peringatan TBC sedunia 2018 TB Care Aisyiyah mengungkapkan, pembagian masker digelar di delapan titik sasaran kota Surabaya  antara lain Terminal Joyoboyo, Stasiun Pasar Turi, Pasar Kapasan, RS Muhammmadiyah, Pasar Pogot, Pasar Jarak, Pasar Tempurejo dan Jembatan Merah Plasa.

“Pasar tradisional, terminal dan Stasiun ialah tempat umum yang bisa dijadikan target sasaran indikasi penularan,” ujar Enik.

Pembagian 4000 masker disertai brosur tentang TB diharapkan bisa memberikan edukasi secara langsung bagi masyarakat yang sedang berada di delapan titik yang sudah ditentukan. Masyarakat itu juga diharapkan bisa mengedukasi anggota keluarga lainnya.

“Momen peringatan Hari TB sedunia kami ingin dengan mengetuk hati masyarakat bila batuk wajib memakai masker. Kami ingin membantu Pemerintah Kota Surabaya menanggulangi penyebaran dan penularan akibat dari penyakit TBC,” tandasnya. (Nps)