Peringati Marsinah Dengan Nyalakan Obor Malam Serentak

Surabaya,(DOC) – Masih terngiang di ingatan kita nama Marsinah, seorang buruh perempuan pejuang upah, tewas 21 tahun tanpa keadilan.
Keberaniannya telah menginspirasi para buruh dan rakyat untuk terus berjuang merebut hak-haknya. Sehingga sangatlah pantas, Jika Marsinah dijadikan pahlawan sebagai simbol pejuang rakyat, pejuang upah, kesejahteraan dan pejuang demokrasi.
Sosok Marsinah kini menjadi cerminan sekaligus pemersatu rakyat dengan segala bentuk perjuangannya, termasuk kebebasan berorganisasi, Hak Asasi Manusia dan perlawanan terhadap kekerasan seksual.
Untuk memperingati “Pejuang Rakyat” tersebut, berbagai elemen masyarakat akan bersatu dalam satu komite “OBOR MARSINAH” atau Koalisi Bersama Politik Kerakyatan untuk Marsinah.
OBOR MARSINAH akan diperingati dengan menggelar aksi turun jalan pada malam hari secara serentak, Sabtu,(22/3/2014) besok di Jakarta dan Surabaya. Di Jakarta Malam Obor Marsinah akan digelar pada jam 19.00 WIB, di Bundaran HI. Sementara di Surabaya digelar pada jam 17.00 WIB di sekitar Jl. Basuki Rahmat hingga Grahadi.
Dalam release yang disebar ke sejumlah media, Jumat(21/3/2014), bahwa aksi Obor Marsinah akan ditandai dengan menyalakan Obor, sebagai bentuk pernyataan bahwa nyala api Marsinah akan selalu hidup di jiwa rakyat Indonesia.
Malam Obor Marsinah ini, adalah bagian dari rangkaian reli Obor Marsinah pada 1 sampai 10 Mei 2014 mendatang, dari Jakarta menuju Surabaya yang akan melalui berbagai titik kota yaitu Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Kab. Semarang/Ungaran, Magelang, Jogja, Klaten, Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya.(r7)