Peringati Sumpah Pemuda, Jalan Mundur

 Featured, Peristiwa

Aksi jalan mundur yang dilakukan pemuda Kremil.

Surabaya, (DOC) – Ada yang menarik dari Perayaan Sumpah Pemuda yang digelar di kompleks lokalisasi Tambak Asri atau yang lebih dikenal dengan lokalisasi Kremil, Minggu (28/10/2012). Puluhan pemuda yang berasal dari 3 elemen yang ada di Tambak Asri membulatkan tekad untuk menjadikan kawasan Kremil sebagai hunian yang layak dan nyaman untuk tempat tinggal.

Mereka berasal dari Komunitas Peduli Kremil (KPK), Nagabonar (Taruna Ganyang dan Bongkar Narkoba) dan Bonek Sakram (Komunitas Pendukung Kesebelasan Tim Sepakbola Persebaya). Dengan berjalan kaki mundur dan start di bawah jembatan Tol Dupak, puluhan pemuda Tambak Asri ini menuju Sekretariat Nagabonar di Jalan Tambak Asri 197. Tak hanya itu, mereka juga menutup mulut mereka dengan lakban hitam.

Setelah sampai di Sekretariat Nagabonar yang baru, mereka melepas lakban hitam yang menutup mulut mereka, kemudian berbaris rapi sambil membawa poster berisikan seruan “Katakan Tidak pada Narkoba” dan “Berikan Aku 1 Pemuda, Niscaya Akan Kuguncangkan Dunia” (Bung Karno).

Dalam aksi ini, mereka juga sempat duduk lesehan tanpa menghiraukan panas terik matahari. Dan dipimpin Sugianto, Ketua “Bonek Sakram”, Teks Sumpah Pemuda dikumandangkan.

Target dari momentum peringatan Sumpah Pemuda ini ingin mengajak pemuda yang menghuni kompleks lokalisasi Kremil untuk berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di wilayahnya sendiri. Perihal aksi tutup mulut dengan lakban hitam dan melepasnya, sebagai simbol sudah waktunya Pemuda Kremil menjadi pemberani dan tidak penakut untuk menyuarakan kebenaran.

Sementara itu, Yohanes Natal Isa, selaku Sekretaris Jenderal “Laskar Nagabonar” lebih menekankan untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Kremil. “Karena narkoba merusak masa depan generasi bangsa ini. Untuk itu, kami siap untuk mengganyang bandar-bandar yang ingin bermain-main di lingkungan yang kami tinggali ini,” kata Yohanes mantab. (r4)