Perkuat Diplomasi, Athan RI di Kuala Lumpur Kunjungi Panglima Divisi-1 TDM

Kuala Lumpur, (DOC) – Untuk memperkuat diplomasi dan hubungan kerjasama militer antara kedua negara, Atase Pertahanan (Athan) RI di Kuala Lumpur – Malaysia Kolonel Arm Yudhy Chandra Jaya, M.A melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima 1 Divisyen (Panglima Divisi-1) Tentera Darat Malaysia (TDM) Letjen Datuk Mohd Zaki Haji Mokhtar di Markas Divisi Infanteri Pertama, Kuching, Malaysia, Kamis(23/1/2014).

Dalam kunjungan kehormatan tersebut, Athan RI di Kuala Lumpur Kolonel Arm Yudhy Chandra Jaya, M.A didampingi oleh Kepala Indonesia Liaison Officer (ILO) Letkol Kav Janto Immanuel Tehupuri, sementara Panglima 1 Divisyen didampingi oleh Ketua Staf Markas 1 DivisyenKolonel Mohd Mahmud Ahmad.

Kolonel Arm Yudhy Chandra Jaya, M.A dalam pembicaraannya menyampaikan terima kasih kepada Letjen Datuk Mohd Zaki atas kesediaannya menerima kunjungan kehormatan, karena sejak menjabat sebagai Athan RI di Kuala Lumpur pada bulan November 2012 belum dapat melaksanakan kegiatan tersebut mengingat padatnya kesibukan masing-masing pejabat. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan diri secara resmi kepada Letjen Datuk Mohd Zaki sekaligus mengenal lebih dekat tentang Divisi Infanteri Pertama Tentera Darat Malaysia (TDM).

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Arm Yudhy Chandra Jaya, M.A juga berdiskusi tentang satuan-satuan TDM yang berada di wilayah Sarawak dan Sabah, termasuk perkembangan aktual di wilayah Lahad Datu yang beberapa waktu lalu sempat memanas.

Menanggapi penyampaian Athan RI, Letjen Datuk Mohd Zaki menyambut hangat perkenalan diri tersebut. Jenderal yang baru dinaikkan pangkatnya menjadi Bintang Tiga pada bulan Agustus tahun lalu itu berharap agar kunjungan Athan RI dapat mempererat silaturahmi dan hubungan kerjasama antara kedua Angkatan Darat. Terkait dengan beberapa hal yang ditanyakan oleh Athan RI, Letjen Datuk Mohd Zaki memberikan tanggapan dengan ringkas dan jelas.

Divisi Infanteri Pertama merupakan salah satu divisi dari 4 Divisi Infanteri yang dimiliki oleh TDM. Wilayah yang menjadi tanggungjawabnya meliputi seluruh wilayah Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan (Malaysia Timur), sehingga otomatis pengamanan perbatasan darat secara operasional berada di bawah kendali Divisi Infanteri Pertama ini.

Sejak tahun 1967, kerjasama pengamanan perbatasan darat kedua negara sepanjang 966 kilometer antara TNI AD dengan TDM telah berlangsung dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari patroli-patroli terkoordinasi yang dilaksanakan antara kedua Angkatan Darat dan efektivitas pos-pos gabungan bersama yang didirikan sepanjang perbatasan darat Indonesia – Malaysia.(puspen/r7)