D-ONENEWS.COM

Perkuat Maritim, TNI AL Datangkan Kapal Selam Dari Korsel Seharga 4,5 Trilliun

Foto ; Kedatangan KRI Nagapasa Pangarmatim Perak Surabaya, Kapal Selam yang dibeli dari Korsel seharga Rp4.5 trilliun

Surabaya,(DOC) – Pertahanan wilayah maritime Indonesia semakin kuat, setelah TNI Angkatan Laut (AL) mendatangkan alutsista berupa kapal selam buatan Korea Selatan(Korsel).
Kapal selam canggih ini dibeli dengan harga Rp4.5 trilliun dan dijuluki KRI Nagapasa 403. Ditahun 2018 mendatang, Pemerintah RI akan mendatangkan 2 kapal selam baru lagi yang dipesan dari Korsel dan PT PAL Indonesia.
KRI Nagapasa dibuat di galangan Daewoo Ship building and Marine Engineering, Korsel, sejak pemesanan tahun 2015 lalu.  Panglima Armatim, Laksamana Muda TNI, Darwanto bersama Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, menyambut kedatangan alutsista milik TNI AL ini, dipelabuhan Pangarmatim Perak Surabaya,Senin(28/8/2017).
“KRI Nagapasa bertolak dari Korsel pada 11 Agustus lalu dan butuh 17 hari untuk sampai di Surabaya,” ucap Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi.
Selain memuat peralatan elektronik dan tehnologi tercanggih, KRI Nagapasa juga dilengkapi 8 torpedo yang bisa menyebarkan ranjau saat diluncurkan. Kemudian sistem navigasi dan persenjataan lainnya sudah modern yang sangat mendukung operasi pengamanan wilayah laut.
“Sekarang TNI AL mempunyai 3 kapal selam, yaitu 2 diantaranya dipesan dari Korsel dan satu dipesan Pemerintah RI,” imbuhnya Laksamana TNI Ade Supandi.
Pemberian nama Nagapasa untuk alutsista ini, mengutip anak panah pusaka yang tangguh dan tak terkalahkan di cerita pewayangan. Harapannya, ketangguhannya bisa menyamai untuk menjaga wilayah perairan Indonesia.(hd/r7)
 

Loading...