D-ONENEWS.COM

Pers Harus Turut Berperan Mempersatukan Bangsa

Surabaya,(DOC) Ketua DPRD kota Surabaya, Ir. Armudji memiliki harapan besar terhadap insane pers untuk turut berperan mempersatu bangsa.

Masih berkaitan dengan momentum Peringatan Hari Pers Nasional 2017, pada 9 Februari 2017 lalu, Armuji mengingatkan sejarah pergerakan pers Indonesia yang telah turut berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan negara ini dari kungkungan penjajah.

“Kemerdekaan yang telah kita raih harus kita jaga dan rawat secara bersama,” kata Armuji, Rabu,(15/2/2017).

“Perjalanan bangsa ini masih cukup panjang, sehingga perlu segenap elemen bangsa dan masyarakat bersatu padu untuk memperkokoh nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, termasuk kawan-kawan yang ada di dunia pers atau media massa. Peran pers sangat penting untuk hal ini, ” tegas Armuji, yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur.

Fenomena yang berkembang dalam masyarakat pada belakangan ini, menurut Armuji, sudah mulai menimbulkan persoalan yang mulai membahayakan terhadap nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

” Sekarang ini cukup banyak muncul media “Hoax” yang isi pemberitaannya seringkali tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Istilahnya pemberitaannya “diplintir” sesuai kepentingannya sendiri. Dan pemberitaan-pemberitaan tersebut cenderung bersifat adu domba, dan berbau SARA,” ungkap Armuji, anggota DPRD Kota Surabaya empat periode dari Fraksi PDIP ini.

Menurut Armuji, persoalan tersebut tidak bisa dibiarkan terus berlarut-larut, karena bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Dia juga menegaskan, bahwa negara kita ini NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dan hal ini sudah merupakan kehendak bersama sebagai satu bangsa yang telah di proklamirkan oleh para pendiri republik ini yang berdasarkan Pancasila dan UUD’45 . Dan sebagai generasi penerus kita WAJIB untuk selalu menjaganya.

Untuk itu pada momentum peringatan Hari Pers Nasional 2017 ini, Armuji berharap kepada dunia pers agar turut menyikapi dan mengantisipasi adanya gerakan media “Hoax” ini yang cenderung membahayakan terhadap nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selamat memperingati Hari Pers Nasional 2017, semoga Pers Indonesia bisa turut berperan menjadi alat pemersatu bangsa. Dan Pers Indonesia semakin maju dan berjaya, ” ucapnya. (adv)

Loading...