Pertandingan Perdana, Garuda Jaya ‘U19’ Tumbang 3-1

Yangon,(DOC) – Start buruk dilakoni Tim Nasional Indonesia U-19 saat menjalani laga perdana grup B Piala AFC U-19, Jumat (10/10/2014). Skuad asuhan Indra Sjafri ini harus takluk di tangan Uzbekistan U-19 dengan skor 1-3.

Menghadapi tim berjuluk Serigala Putih di Thuwunna Stadium, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri melakukan langkah berbeda dengan menurunkan Rully Desrian untuk menjaga gawang Garuda Jaya dan mencadangkan Ravi Murdianto, yang selama ini sering menjadi pilihan utama Indra.

Sedangkan ada nama Dinan Yahdian Javier yang bakal melengkapi trio lini serang yang diisi Maldini Pali dan Ilham Udin Armaiyn. Sedangkan Muchlis Hadi Ning harus berada di bangku cadangan di laga perdana ini.

Awal babak pertama tempo permainan masih berjalan santai dan bola bergulir di lapangan tengah. Indonesia mengandalkan umpan-umpan pendek, sementara Uzbekistan yang memiliki pemain postur tinggi lebih cenderung bermain umpan-umpan panjang.

Indonesia mendapatkan peluang pertama setelah kerja sama apik antara Dinan dengan Maldini Pali. Namun penyelesaian yang kurang maksimal, membuat bola jatuh ke pelukan penjaga gawang Uzbekistan Khamraev.

Uzbekistan akhirnya mampu mengungguli Indonesia pada menit ke-18, setelah upaya crossing mendatar yang diterapkan pemain Uzbekistan, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Dostonbek Khamdamov. Pemain berusia 18 tahun itu mampu mencetak gol lantaran bebas dari kawalan para pemain Indonesia. Garuda Jaya tertinggal 0-1.

Belum lama menghela napas dalam menerima kebobolan pertama, gawang Rully Desrian kembali bobol untuk kali kedua, setelah Zabikhillo Urinboev menggandakan keunggulan 2-0 lewat titik putih. Gol tersebut terjadi karena Fatchurohman melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Uzbekistan pun unggul 2-0 di menit ke-22.

Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan, setelah Dinan melakukan solo run dari sisi kanan. Sayang umpannya ke depan jantung pertahanan Uzbekistan gagal dikonversi dengan baik oleh rekan setimnya. Kandas peluang Indonesia.

Menit-menit akhir babak pertama, Indonesia seakan meninggalkan jurus mereka dengan melakukan umpan-umpan pendek dan coba bermain menekan lewat umpan lambung. Namun belum bisa mendapatkan peluang yang berarti. Sehingga skor 2-0 untuk Uzbekistan bertahan hingga turun minum.

Usai keluar dari ruang ganti babak kedua, Indonesia langsung bermain menekan dengan melakukan berbagai serangan. Namun bukan gol yang tercipta, Indonesia malah menghasilkan kartu kuning yang diterima oleh Evan Dimas, lantaran dianggap melakukan diving.

Indonesia membuka harapan, setelah mampu memperkecil kedudukan, setelah Paulo Sitanggang yang masuk di babak kedua ini menggantikan Zulfiandi, melepaskan tendangan dari jarak jauh yang tak mampu dihalau Khamraev. Indonesia 1-2 Uzbekistan menit ke-57.

Uzbekistan yang di babak pertama bermain begitu nyaman, justru terlihat sibuk menghadapi tekanan-tekanan yang dilakukan Garuda Jaya. Permainan bola-bola pendek dipraktekkan oleh Evan Dimas dkk, meski buruknya penyelesaian akhir masih jadi kendala.

Serangan balik dilakukan oleh Ilham Udin Armaiyn yang berhasil melakukan akselerasi ke pertahanan Uzbekistan pada menit ke-75. Sayang bola hasil umpan tariknya tak ada yang menyambut, lantaran rekan-rekannya belum berada di posisi yang pas.

Serigala Putih berhasil melepas tekanan dengan mencoba bermain keluar. Beruntung serangan-serangan yang dilakukan oleh Uzbekistan masih terbentur dengan penyelesaian akhir yang kurang bagus.

Bermain menyerang, membuat Indonesia lengah. Imbasnya, Uzbekistan pun mampu memperlebar jarak dengan keunggulan 3-1, setelah pada menit ke-86, Shukurov Otabek melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang jauh dari jangkauan Rully.

Empat menit tambahan waktu yang diberikan wasit di babak kedua ini, tak cukup untuk menyelamatkan nasib Indonesia. Sehingga Evan Dimas cs harus menerima kekalahan perdana mereka atas Uzbekistan dengan skor 3-1.

Kalah di laga perdana membuat Indonesia untuk sementara menghuni juru kunci, lantaran Australia dan Uni Emirat Arab baru akan bermain jam 7 malam WIB. Sebaliknya, kemenangan ini membuat Uzbekistan berada di puncak klasemen sementara grup B dengan tiga poin.(oz/r7)

Susunan Pemain:
Uzbekistan U-19: Khamraev; Abdusalimov, Tursunov; Khamdamov, Daylatov, Sokhibov (c), Hamrobekov, Giyosov; Urinboev, Shukurov, Shomurodov
Indonesia U-19: Rully Desrian; Putu Gede, Sahrul, Hansamu, Fatchurohman; Evan Dimas, Hargianto, Zulfiandi; Maldini, Dinan, Ilham