Petugas Sita 15 Slop Rokok Dari Bawaan JCH Kloter 5

Surabaya (DOC) – Pemeriksaan x ray koper jamaah calon haji (JCH) kloter 5 menyisihkan 6 koper untuk diperiksa lebih lanjut. Dengan disaksikan si empunya koper, petugas dari bea cukai membuka koper-koper tersebut dan menemukan beberapa slop rokok.

Berbagai upaya dilakukan empunya koper untuk menutupi rokok yang dibawanya. Mariyati, JCH asal Jember ini meletakkan rokok diantara tumpukan sandal jepit yang dibawanya.

Sementara Maghfirotun, JCH asal Banyuwangi membungkus rapi 6 slop rokok yang dibawanya dengan kain surban putih.

Ketika ditanya alasan membawa rokok dalam jumlah besar, mereka kompak menjawab barang tersebut merupakan titipan orang untuk diberikan pada saudaranya yang bermukim di Mekkah.

“ya diterima saja, saya dititipi orang untuk diserahkan pada orang tuanya,” terang Maghfirotul Ummah

Kusnan, koordinator rombongan dari salah satu KBIH di Jember yang ikut mendampingi pemeriksaan ini menjelaskan, pihaknya telah berulang kali menjelaskan barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa oleh jamaah haji.

Dimas, salah satu petugas pemeriksaan dari bea cukai menjelaskan, setiap jamaah haji hanya diperkenankan membawa rokok maksimal 2 slop.

Rokok yang disita petugas tersebut lantas diserahkan kepada petugas daerah dan dapat diambil oleh pemilik barang di kantor Kementerian Agama kabupaten kota setempat (d02)