Petugas Sita Banyak Batu Kerikil Dari Tas Para Jemaah Haji Embarkasi Surabaya

Foto : Pemeriksaan barang bawaan para Jemaah Haji oleh petugas PPIH di graha Bir Ali Asrama Haji Sukolilo. Petugas sita batu kerikil, sabun mandi, paku dan gunting.

Surabaya,(DOC) – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dibantu oleh pihak Avian Security Angkasa Pura, menyita puluhan batu kerikil dan paku yang hendak dibawa oleh para Calon Jemaah Ibadah Haji (CJIH) ke tanah suci Mekkah.

Penyitaan itu dilakukan petugas di graha Bir Ali Asrama Haji Sukolilo, saat para CJIH kloter pertama asal Situbondo embarkasi Surabaya, akan berangkat menuju bandara International Juanda, Selasa(17/7/2018) pagi.

Selain batu dan paku, petugas PPIH juga menahan beberapa barang bawaan milik CJIH yang dianggap melanggar aturan penerbangan ibadah haji.

“Batu kerikil disimpan dalam beberapa kantong plastik untuk digunakan lempar Jumroh di tanah suci Mekkah. Petugas juga menemukan perlengkapan mandi, gunting dan paku yang melanggar aturan penerbangan. Barangnya kita sita dan yang masih bermanfaat kita kirim kantor Depag(Departemen Agama,red) didaerahnya masing-masing,” ungkap Sutarno Kasi Informasi Haji Surabaya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, sebanyak 450 CJIH asal Situbondo embarkasi Surabaya, dijadwalkan berangkat pada kloter satu, Selasa(17/7/2018) pagi tadi.

Mereka tiba di Asrama Haji Sukolilo Senin(16/7/2018) kemarin, dan menginap satu hari untuk mengikuti pembekalan pemberangkatan dan perekaman biometrik.(hadi/r7)