Pilih Sayuran Mentah Atau Matang? Lebih Baik Mana?

 Life Style

sayuran mentah atau matang

Belakangan ini sedang tren makan sayuran mentah. Katanya, sayuran mentah lebih sehat karena kandungan vitamin dan mineralnya masih utuh dibandingkan dengan sayuran matang yang kandungan vitamin dan mineralnya sudah hilang.

Nyatanya, memang terdapat beberapa vitamin dan mineral yang bisa hilang karena panas yang didapatkan dari proses memasak. Namun, proses memasak juga dapat meningkatkan beberapa kandungan nutrisi dalam sayuran juga.

Memang, terdapat beberapa sayuran yang baik dimakan mentah, sementara ada juga beberapa sayuran yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

Berikut ini merupakan sayuran yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan:

  • Tomat yang dimasak mengandung lebih banyak likopen dibandingkan tomat mentah. Memasak dapat membuat kandungan likopen dalam tomat lebih mudah diserap tubuh. Di mana likopen merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh dan banyak dihubungkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.
  • Memasak juga membuat kandungan betakaroten lebih mudah diserap tubuh. Betakaroten juga dapat bertindak sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan mata.
  • Memasak dapat membuat kandungan dalam bayam, seperti zat besi, magnesium, dan seng lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, kandungan nitrat dalam bayam bisa berkurang, di mana kandungan nitrat yang tinggi dalam bayam tidak baik bagi tubuh. Namun, jangan terlalu lama memasak bayam, jika terlalu lama maka kandungan nutrisi penting lainnya dalam bayam bisa hilang.
  • Memasak membuat kandungan dalam kentang lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, kentang matang lebih mudah dimakan dibandingkan kentang mentah.

Sedangkan, beberapa sayuran yang lebih baik dimakan mentah adalah:

  • Memasak dapat mengurangi kandungan sulforaphane dalam brokoli, di mana kandungan nutrisi ini penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika Anda kesulitan dalam memakan brokoli mentah, sebaiknya kukus brokoli agar kandungan sulforaphane dalam brokoli tidak banyak yang hilang.
  • Memasak juga dapat mengurangi kandungan enzim penting yang dapat mencegah kanker dalam kol.
  • Bawang putih. Mengonsumsi bawang putih mentah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan allicin (yang dapat mencegah kanker) dalam bawang putih mentah lebih banyak dibandingkan bawang putih yang sudah melewati proses pemasakan.