Pilot Merpati Minta Bantuan Dahlan Iskan

Tidak ada komentar 138 views

Jakarta, (DOC) – Kondisi PT Merpati Nusantara Airlines (MNA/Persero) hingga kini masih berdarah-darah dimana untuk menutupi utangnya yang sebesar Rp 6,5 triliun, manajemen Merpati pun terpaksa mencicil gaji karyawannya.
Akibat dari kebijakan manajemen tersebut, karyawan Merpati pun meminta kejelasan nasib perusahaan. Untuk mengetahui nasib Merpati kedepannya, beberapa pilot yang tergabung Asosiasi Pilot Merpati (APM) berkunjung ke Kementerian BUMN untuk menemui Dahlan Iskan.
Salah satu pilot Merpati yang enggan disebut namanya menuturkan selain menanyakan nasib Merpati, para pilot tersebut juga meminta Kementerian BUMN untuk sekiranya membantu Merpati dengan cara pemberian Penanaman Modal Negara (PMN).
Pilot itu juga mengklarifikasi soal aksi mogok terbang para pilot bukan karena masalah gaji, namun karena adanya moral hazard. Dimana, moral hazard tersebut dapat mengganggu keselamatan penerbangan.
“Kita sebetulnya tidak mogok. Tapi kita dilarang oleh safe flight Merpati untuk terbang karena adanya moral hazard. Seperti kalau anda sakit perut saja tidak boleh terbang,” kata Pilot yang enggan disebut namanya itu di Kementerian BUMN, Jumat (1/11/2013).
Sementara itu, Juru bicara Kementerian BUMN Faisal Halimi mengatakan, para pilot Merpati tersebut pun bertemu Dahlan Iskan meminta kejelasan nasib Merpati dan meminta Kementerian BUMN untuk membantu Merpati.
“Tadi kami turun sama pak Dahlan di depan tunggu pak Endang dia pilot senior. Pilot senior yang tergabung dalam APM, ingin tahu kondisi Merpati dan mereka mau melapor. Ada sebagian mereka nggak terbang karena masalah gaji,” kata Faisal kepada wartawan di Kementerian BUMN.
Faisal juga mengatakan, para pilot tersebut juga meminta Dahlan memberikan suntikan dana untuk membangkitkan Merpati. Tetapi, Dahlan sekali menegaskan bahwa tidak ada PMN bagi Merpati.
“Kalau mereka harapnya PMN, atau bantuan uang. Dari awal kan tidak ada suntikan dana. Pak Dahlan clear jawab, bilang tidak ada PMN,” pungkasnya. (co/r4)