Pindah Bus AKAP/AKDP ke TOW Lancar

Tidak ada komentar 136 views

Surabaya,(DOC) – Perpindahan Bus AKAP dan AKDP ke terminal Tambakoso Wilangun(TOW) mulai hari ini, nampaknya tidak menemui kendala.
Sekitar 68 armada bus AKAP dan AKDP yang semula mencari penumpang di terminal Bungurasih, Jumat(22/11/2013) hari ini, sudah mulai mangkal di terminal TOW.
Kepala UPTD Terminal TOW Indragani, menyatakan Bus antar kota antar Provinsi(AKAP) dan antar kota dalam Provinsi(AKDP) yang sudah berpindah mencari penumpang di terminal TOW, rencananya akan melayani penumpang semua jurusan. Namun untuk tahap pertama, jurusan trayek untuk antar provinsi masih terbatas.
“Terdapat 11 jurusan trayek yang akan dilayani oleh armada Bus pindahan dari Purabaya. Untuk trayek bus AKDP hampir semua terlayani, namun untuk bus AKAP masih melayani jalur Pantura yaitu Surabaya – Semarang patas,”jelas Indragani saat di temui di terminal TOW, Jumat(22/11/2013).
Memang, perpindahan Bus AKAP dan AKDP ini di lakukan secara bertahap hingga mencapai target armada yang pindah yaitu 256 unit.
Menurut Indragani, Shelter bus berangkat dan turun di terminal TOW yang masih dalam tahap renovasi dan perluasan, membuat perpindahan ini dilakukan secara bertahap. ”Shelter yang semula untuk kedatangan Bus, sementara kita gunakan. 2 lajur shelter bus kedatangan digunakan menampung armada pindahan dari terminal Purabaya,”ungkapnya.
Tidak ada gejolak penolakan dari pihak pengemudi atas perpindahan trayek bus dari Purabaya ke TOW. Karena, Ia menambahkan, perpindahan Bus ini langsung disepakati oleh Organda jatim selaku pemilik perusahaan PO Bus. “Ya kalo pemiliknya yang meminta, maka awak bus yang langsung nurut. Tapi yang seperti ini, kondisi penumpangnya masih sepi karena masih tidak banyak yang tahu,” katanya.
Indragani juga meyakinkan, bahwa Bus AKAP dan AKDP yang sekarang mangkal di TOW kesemuanya adalah bus yang semula mencari penumpang di Terminal Purabaya. “Tidak ada penambahan Trayek atau Armada. Semua armada adalah pindahan trayek dari Purabaya ke TOW. Hanya saja untuk Bus AKAP Jurusan Solo, Yogya dan kota lainnya, masih akan dipindah pada tahap berikutnya,” tandasnya.(r7)

Berikut 11 trayek Bus AKDP dan AKAP pindahan ke TOW :
1. Surabaya-Malang(patas),
2. Banyuwangi-Jember-Surabaya(TOW)-Sumenep(patas),
3. Banyuwangi-Situbondo-Surabaya(TOW)-Sumenep(patas),
4. Jember-Surabaya(TOW)-Sumenep(patas),
5. Surabaya(TOW)-Semarang(AKAP/Patas),
6. Surabaya(TOW)-Madiun-Ponorogo(ekonomi),
7. Surabaya(TOW)-Trenggalek(ekonomi),
8. Surabaya(TOW)-Malang-Blitar(ekonomi),
9. Surabaya(TOW)-Ambuklu-Jember(ekonomi),
10. Probolinggo-Surabaya(TOW)
11. Sumenep(ekonomi).