Pindahkan Terminal Untuk Ramaikan SIB

Tidak ada komentar 178 views

Surabaya,(DOC) – Untuk meramaikan Sentra Ikan Bulak(SIB) di Kecamatan Bulak, Pemkot Surabaya berencana pindahkan terminal Kenjeran dekat SIB.
Kepala Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Surabaya, Eddi menyatakan, jika rencana tersebut terlaksana. Maka pemkot akan mendapat beberapa keuntungan, yaitu, selain untuk untuk meramaikan, SIB juga akan mendapat tambahan area parkir kendaraan. Karena menurut Eddy, di lokasi terminal yang baru nanti, Dishub tidak hanya membangun shelter angkutan umum, tapi juga memperluas area parkir.
Ia menambahkan, jika semuanya berfungsi maka keduanya akan saling menunjang untuk melengkapi fasilitas wahana SIB seperti taman bermain dan lapangan futsal yang juga dibangun bersamaan dengan pemindahan terminal Kenjeran.
“Kami harap, pemindahan terminal ini akan bisa meramaikan Terminal Kedung Cowek yang sudah lama ada. Untuk Terminal Kedung Cowek tidak memerlukan biaya sewa karena lahan yang digunakan milik dari Dishub sendiri. Nantinya, Terminal Kenjeran akan ditutup,” katanya, Senin(15/9/2014).
Berdasarkan data yang ada di Dishub, total angkutan yang beroperasi di Terminal Kenjeran yaitu 877 Unit. Dengan rincian, lyn JK (Joyoboyo-Kalijudan-Kenjeran) sebanyak 32 unit, lyn JMK (Kenjeran-Kalimas Barat) sebanyak 55 unit, lyn LK (Manukan Kulon-Pasar Loak-Kenjeran) 87 unit, lyn P (Joyoboyo-Kenjeran/ Petojo-Ketintang) 162 unit, lyn R (Kalimas Barat-Kapasan-Kenjeran) 88 Unit, lyn R 1 (Kalimas Barat-Nambangan-Kenjeran) 39 Unit, dan lyn R 2 (Kalimas Barat-Teluk Langsa-Kenjeran).
Ditambah 4 unit lyn RBK (Rungkut Barata-Kenjeran) 40 Unit,lyn S (Joyoboyo-Bratang-Kenjerang) 87 Unit, lyn T 2 (Joyoboyo-Kenjeran/Wisma Permai) 82 Unit, lyn UBK (Ujung Baru-Kenjeran) 82 Unit, lyn W (Dukuh Kupang-Kapas Krampung-Kenjeran/Karang Menjangan) 119 Unit.
Terpisah, rencana pemindahan Terminal Kenjeran ini, nampaknya mendapat dukungan dari anggota DPRD Surabaya, Reni Astuti, meski berpendapat berbeda.
Menurut Reni, sepinya SIB bukan hanya dikarenakan infrastruktur yang kurang memadai. Namun akibat kurangnya promosi. Keberadan Pantai Ria Kenjeran yang banyak dikunjungi warga sebagai destinasi wisata, nampaknya belum mampu merangsang pedagang berjualan di SIB.
“Saya kira, promosi Pemerintah Kota Surabaya untuk SIB ini masih sangat minim. Akan percuma membangun pasar dengan biaya yang besar tapi sepi,” ujar politikus asal PKS ini.(k1/r7)